Kisah Kebohongan yang Pernah Mengguncang Publik Amerika

Kisah Kebohongan yang Pernah Mengguncang Publik Amerika

Naviri Magazine - Pada tahun 1938, sebuah stasiun radio menyiarkan kisah novel HG Wells, berjudul War of the Worlds. Siaran tersebut dibacakan oleh Orson Welles pada malam perayaan Halloween. Tak diduga, hasilnya adalah histeria massal dan kepanikan para pendengarnya.

Kisah itu ditampilkan seolah-olah seperti sebuah laporan berita, yang kemudian disela sebuah laporan cuaca, yang menyebabkan banyak orang percaya bahwa siaran berita radio tersebut benar-benar tentang invasi makhluk dari Mars ke Bumi.

Sekitar 6 juta orang mendengarkan acara radio tersebut, dan menyebabkan kantor-kantor polisi dibanjiri oleh panggilan bahaya. Di sebuah kota kecil di Washington, siaran tersebut bertepatan dengan matinya daya pembangkit listrik di kota tersebut, yang menyebabkan orang-orang di sana mempersenjatai diri, dan melarikan diri ke pegunungan.

Setelah hoax itu terungkap, bahwa stasiun radio CBS hanya ingin “main-main”, berbagai protes dan demo pun dilayangkan pada mereka. Stasiun radio CBS lalu berjanji untuk tidak pernah melakukan hal seperti itu lagi.

Belakangan, ketika banyak stasiun radio menyiarkan pemberitaan serangan Pearl Harbour pada tiga tahun kemudian, banyak orang di Amerika pada awalnya tidak mempercayainya, dan menganggap itu berita tipuan lainnya, seperti kisah War of the Worlds.

Baca juga: Manusia Piltdown, Skandal Penipuan Sains yang Menggemparkan 

Related

Insight 501530447585809603
item