Kiat-kiat Sederhana Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kiat-kiat Sederhana Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Naviri Magazine - Penyakit jantung adalah salah satu penyakit berat, bahkan menjadi penyakit yang paling banyak membunuh penderitanya, khususnya di Indonesia. Kenyataannya, penyakit jantung memang kondisi yang membutuhkan perhatian khusus.

Karenanya, jauh lebih baik kita berupaya mencegah dan menghindari penyakit jantung, daripada berusaha mengobati. Karena, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, bahkan mencegah lebih mudah dilakukan daripada mengatasi penyakit yang telanjur datang.

Terkait upaya pencegahan penyakit jantung, kiat-kiat berikut ini bisa diingat. Selain mudah dan sederhana, kiat-kiat berikut ini dapat membantu menjauhkan kita dari penyakit jantung.

Menjaga pola makan

Pola makan yang seimbang menjadi salah satu faktor kunci untuk mencegah penyakit ini. Dengan konsumsi yang seimbang, kondisi jantung dan sistem sirkulasi dapat menjadi lebih sehat.

Konsumsilah banyak sayuran dan buah. Kurangilah konsumsi daging, kecuali daging tersebut tidak memiliki lemak. Ikan dan kacang-kacangan juga baik dikonsumsi. Dan yang terpenting batasi konsumsi garam, gula, serta makanan yang mengandung kolesterol.

Bergerak

Aktivitas fisik yang rutin akan membantu Anda menjaga kebugaran tubuh. Mulailah berolahraga secara rutin. Atau setidaknya perbanyaklah jalan kaki. Hal ini penting untuk kesehatan Anda.

Periksa kesehatan

Konseling dan cek kesehatan rutin ke dokter cukup dianjurkan. Dengan cek kesehatan rutin, Anda dapat mendeteksi penyakit sejak dini. Untuk mereka yang mengalami obesitas, kolesterol, serta tekanan darah tinggi, juga untuk yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit serupa, amat dianjurkan melakukan hal ini.

Mengetahui tekanan darah serta kadar gula Anda

Memahami tekanan darah Anda menjadi penting, karena tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko penyakit jantung. Dengan mengetahui tekanan darah, Anda juga bisa mengukur risiko terkena penyakit jantung.

Kadar gula juga menjadi satu hal yang penting untuk penyakit ini. Apalagi bagi penderita diabetes, kadar gula yang tinggi akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Baca juga: Hati-hati, Stres Bisa Menyebabkan Gejala Seperti Serangan Jantung

Related

Health 1652381649423100045

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item