Ini Penyebab Kru Kabin Pesawat Didominasi Perempuan

Ini Penyebab Kru Kabin Pesawat Didominasi Perempuan

Naviri Magazine - Ketika melakukan perjalanan dengan pesawat, kita tentu sudah biasa melihat kru kabin pesawat yang rata-rata perempuan. Sepertinya sangat jarang kita temukan kru kabin pesawat yang pria, karena lebih banyak didominasi perempuan.

Dalam satu penerbangan Boeing 737 misalnya, ada sekitar enam kru kabin yang bertugas. Seringkali semuanya perempuan. Bahkan dalam pesawat jarak jauh dengan 14 kru juga tidak tentu ada laki-laki. Jika ada laki-laki, hanyalah sedikit atau minoritas.

Linggarsari Suharso, Direktur SDM dan Umum Garuda Indonesia (GA), mengatakan ada hal-hal yang diunggulkan dari perempuan dalam hal hospitality. Tetapi bukan tidak mungkin dimiliki juga oleh laki-laki.

"Melayani itu kan, human nature-nya (alamiahnya) wanita, melayani dengan penuh perasaan, sabar, ramah. Pria bukan tidak ada. Ada, tapi itu alami kalau ada di perempuan," jelas Linggarsari.

Meski begitu, dalam penugasan, pihaknya mengatakan sama saja antara laki-laki dan perempuan. Keduanya memiliki tolak ukur kompetensi yang sama.

"Semua sama sebenarnya, kesempatannya. Supervisor (penerbangan) juga ada pria ada wanita, dan tidak menutup kemungkinan dalam penugasan," tambah Yonas, Senior Manager Flight Attendant GA, dalam kesempatan yang sama.

Namun, menurut hasil survei, penumpang akan lebih nyaman dilayani perempuan dibanding laki-laki. "Dasarnya sama, balik lagi ke service by heart, dari hati, dan minimal harus ada passion hospitality-nya," tutur Linggasari.

Padahal kerja kru kabin tidak mudah. Dalam satu hari, mereka diharuskan terbang 18 jam, atau minimal empat kali landing, dengan libur delapan hari dalam satu bulan.

Soal penghasilan, Linggasari mau membocorkannya. Ia mengatakan, kru kabin yang pemula dibayar Rp15 juta (penghasilan kotor), dan senior dengan minimum jam terbang tertentu berkisar Rp20 juta per bulan.

Baca juga: Kisah Para Pilot dengan Keahlian Menakjubkan di Dunia

Related

Lifestyle 781593885677343928

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item