Ini 5 Lagu Luar Negeri yang Diam-diam Dibeli Ahmad Dhani

Ini 5 Lagu Luar Negeri yang Diam-diam Dibeli Ahmad Dhani

Naviri Magazine - Ketika mendengar lagu DEWA atau lagu yang dinyanyikan sendiri oleh Ahmad Dhani, sebagian orang kadang menemukan bahwa nada lagu itu mirip lagu lain dari luar negeri. Mereka pun bertanya-tanya mengenai kemiripan itu, bahkan tidak sedikit yang sampai mengira Ahmad Dhani menjiplak lagu-lagu dari luar negeri.

Belakangan terungkap kalau ternyata Ahmad Dhani kadang membeli lagu dari luar negeri, yang kemudian ia adaptasi ke Indonesia, dan diaransemen ulang. Berikut ini adalah lima lagu luar negeri yang telah diketahui dibeli oleh Ahmad Dhani.

Mustafa Ibrahim (Mustapha Ibrahim – Queen)

Ahmad Dhani sangat mengidolakan band rock Inggris, Queen. Saking ngefans, Dhani membawakan kembali lagu Mustapha bersama salah satu band-nya, The Rock, tahun 2009.

Single religi yang bertajuk ‘Mustafa’ ini akan dilantunkan bersama grup band The Rock Indonesia. Lagu Mustafa yang pernah dibawakan oleh grup band Queen ini diaransemen kembali oleh Ahmad Dhani.

Menurut Dhani, lagu tersebut memiliki nuansa Islam yang begitu kental, lantaran menceritakan kisah hidup para pejuang Islam.

Cintaku Tertinggal di Malaysia (Kayak – Ruthless Queen)

Ada yang tahu lagu Cintaku Tertinggal di Malaysia? Konon, lagu ini dibawakan oleh Dewa 19 sebagai persembahan bagi band progresif rock Belanda, bernama Kayak. Seperti halnya lagu Mustapha dari Queen, Dhani pun meminta izin kepada pihak band Kayak yang terbentuk tahun 1972 ini, untuk membawakan kembali lagunya, Ruthless Queen.

Madu Tiga (P. Ramlee)

Satu lagi lagu Malaysia yang dibawakan oleh Dhani bersama The Swinger, Madu Tiga. Lagu bertema poligami ini berasal dari lagu soundtrack film komedi Malaysia tahun 1964, berjudul Madu Tiga.

Lagu Madu Tiga pertama kali dipopularkan oleh aktor sekaligus penyanyi Malaysia, bernama P. Ramlee. Mungkin salah satu alasan Dhani mengangkat lagu ini karena isu poligami lagi marak di negeri kita, sekaligus menyinggung masalah rumah tangganya sendiri.

Cinta Mati II (Sergio Mendes – Real Life)

Ini juga salah satu lagu luar negeri yang dibeli oleh presiden Manajemen Republik Cinta untuk dibawakan oleh The Virgin dan Mulan Jameela. Cinta Mati II memang menjadi salah satu lagu hit, yang dibawakan oleh The Virgin & Mulan Jameela.

Bagian reff-nya sangat terdengar kuat dinyanyikan oleh mereka. Sangat berkarakter. Ternyata, lagu populer tersebut memang berasal dari lagu hit luar negeri berjudul Real Life, ciptaan musikus Brasil bernama Sergio Mendes. Lagu Real Life populer pada tahun 80an.

Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada (Stephen Simmonds – Tears Never Dry)

Tentunya kita masih ingat dengan almarhum Chrisye. Ya, Chrisye pernah berduet dengan Ahmad Dhani membawakan lagu Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada. Lagu ini pun sempat populer tahun 2000an, karena makna liriknya yang terbilang “baru” dan cukup kritis.

Lagu ini pun ternyata berasal dari luar negeri. Lagu ini berasal dari lagu Tears Never Dry, yang dipopularkan oleh penyanyi Swedia bernama Stephen Simmonds, dan merupakan single tahun 1997.

Di luar bagaimana dan apa alasan Dhani meminta izin untuk membawakan lagu itu kembali dan diserap ke bahasa Indonesia, lagu Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada berhasil membuat pendengar merenungkan arti kehidupan.

Baca juga: Kisah Tragis di Balik Lagu House of Gold - Twenty One Pilots

Related

Music 4614404181592429670
item