Begini Cara Lalat Bisa Hinggap di Tempat-tempat Licin

 Begini Cara Lalat Bisa Hinggap di Tempat-tempat Licin

Naviri Magazine - Gambar kaki lalat yang diperbesar menunjukkan kaki yang memiliki dua bantalan. Bantalan-bantalan itu memiliki rambut-rambut yang sebenarnya tabung yang berbentuk mirip jamur, dengan alat pengisap di bagian ujungnya.

Pada alat pengisap itu keluar cairan lengket, yang menyebabkan lalat bisa menempel atau hinggap di permukaan apa pun, termasuk yang licin, atau untuk berjalan di langit-langit ruangan.

Untuk melepaskan diri sendiri dari tempat hinggapnya, lalat akan menaikkan kakinya dengan cara memiringkannya, sehingga rambut-rambut itu terlepas satu per satu.

Mengapa polisi meneliti lalat dalam penyelidikannya? 

Polisi, khususnya para ahli forensik (ilmuwan yang mempelajari mayat seseorang berkaitan dengan kematiannya), memang sering kali meneliti lalat dalam proses penyelidikan yang melibatkan mayat—semisal pembunuhan atau penemuan mayat untuk mengetahui lamanya orang tersebut meninggal.

Hal itu dikarenakan perbedaan jenis lalat yang hinggap pada tahapan yang berbeda, ketika terjadi proses pembusukan pada daging untuk bertelur. Larva mereka tumbuh, menjadi pupa, kemudian berubah menjadi lalat dewasa dalam waktu singkat.

Kenyataan itulah yang memungkinkan ahli forensik untuk membuat perkiraan yang tepat mengenai waktu kematian seseorang, dengan cara memperhatikan jenis serta tahap pertumbuhan lalat yang ada pada tubuh orang yang telah mati.

Baca juga: Ini Penyebab Semut Saling Bersalaman ketika Bertemu

Related

Science 9041730437110259322

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item