Misteri Eksperimen Layangan Listrik Benjamin Franklin

Misteri Eksperimen Layangan Listrik Benjamin Franklin

Naviri Magazine - Pada 19 Oktober 1752, Pennsylvania Gazette mempublikasikan gambaran singkat dari eksperimen yang baru saja dilakukan Benjamin Franklin. Menurut berita tersebut, Franklin telah menerbangkan sebuah layang-layang dalam badai petir, sehingga menyebabkan listrik merambat melalui benang, dan masuk ke sebuah kunci yang terikat di bawahnya.

Eksperimen ini dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa petir adalah bentuk listrik. Layang-layang listrik Franklin menjadi eksperimen paling terkenal di abad ke-18, menjadikan Franklin tersohor di Eropa dan AS.

Namun, beberapa ahli sejarah berpendapat, kemungkinan eksperimen tersebut tidak pernah terjadi. Pasalnya, mereka kekurangan informasi yang rinci mengenai eksperimen tersebut. Tidak diketahui secara pasti kapan eksperimen itu dilakukan.

Franklin juga tak pernah menulis laporan resmi mengenai hal ini. Satu-satunya saksi mata hanya anak laki-lakinya, namun tak pernah mengungkapkan kejadian penting tersebut. Apalagi eksperimen semacam ini sangat berbahaya, bahkan bisa berakibat fatal, dan Franklin sendiri mungkin mengetahui hal itu.

Baca juga: Bagaimana Pisau yang Dilempar Bisa Tepat Mengenai Sasaran?

Related

Science 7535297559930168677
item