Loch Ness, Monster Mengerikan Penghuni Danau Skotlandia

Loch Ness, Monster Mengerikan Penghuni Danau Skotlandia

Naviri Magazine - Monster Loch Ness, yang juga sering disebut Nessie, adalah sesosok hewan monster yang dipercaya menghuni danau Loch Ness di Skotlandia. Monster Loch Ness telah menjadi semacam legenda, bahkan keberadaannya telah dilaporkan sejak abad ke-7.

Sejak itu, berbagai ekspedisi dan pencarian telah dilakukan untuk menemukan sosok monster itu, namun semuanya sia-sia. Nessie tak pernah tertemukan.

Berdasarkan laporan, foto-foto, dan kesaksian orang-orang, monster Loch Ness dipercaya memiliki tubuh besar dan leher panjang, dengan ukuran kepala yang kecil. Karenanya, beberapa kalangan pun memperkirakan sosok makhluk itu sebagai kerabat Plesiosaur.

Salah satu foto kontroversial yang pernah mengabadikan sosok Nessie adalah foto yang sering disebut Surgeon’s Photograph. Dalam foto yang dibuat pada 1934 itu, tampak siluet seekor makhluk berleher panjang yang sedang menyusuri danau Loch Ness di waktu senja. Namun, akhirnya terkuak foto itu hanya rekayasa.

Kemudian, pada 2007, seorang wisatawan bernama Gordon Holmes membuat video yang di dalamnya terdapat sosok Nessie. Dalam video itu terlihat jelas bayangan seekor makhluk yang diperkirakan memiliki panjang tubuh sekitar 14 meter, sedang berenang menyusuri danau dengan gerakan cepat. Bayangan hitam itu dapat dengan jelas terlihat dari permukaan danau.

Namun, yang jelas, keberadaan Nessie masih tetap misterius. Beberapa penjelasan yang ditawarkan mengatakan bahwa kemungkinan fenomena Nessie hanyalah kesalahan identifikasi terhadap suatu makhluk hidup ataupun fenomena alam biasa.

Ahli biologi Dennis Power, misalnya, pada 1979 pernah menyatakan bahwa bisa jadi sosok Nessie hanyalah seekor gajah yang sedang berenang, dan kepala serta badannya tenggelam ke dalam air, sehingga hanya terlihat belalainya saja yang menjulang ke atas.

Belalai gajah yang menjulang ke atas itulah yang kemudian memberi kesan bentuk leher dan kepala sesosok makhluk penunggu danau yang dikenal sebagai Nessie.

Sementara pendapat lain menyatakan bahwa Nessie kemungkinan hanyalah batangan kayu besar yang mengambang di dasar danau. Kayu-kayu itu mungkin semula tenggelam di dasar danau, namun sewaktu-waktu kembali menyembul ke permukaan air.

Kesan itulah yang kemudian memunculkan dugaan adanya seekor monster dari dasar danau yang muncul sewaktu-waktu.


Related

Science 2090636624471467498

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item