Memahami Serangan Jantung, dan 4 Kondisi Masalah Jantung

Memahami Serangan Jantung, dan 4 Kondisi Masalah Jantung

Naviri Magazine - Di dalam tubuh kita, jantung memiliki peranan sangat penting, yaitu memompa darah, agar seluruh bagian tubuh mendapat suplai darah secara sempurna.

Karenanya, jika jantung bermasalah, maka akan ada banyak masalah lain yang mengikuti. Karenanya pula, kita harus selalu aware terhadap apa pun yang mungkin terjadi pada kesehatan jantung kita.

Gejala-gejala serangan jantung dimulai dengan rasa sakit yang tidak jelas, rasa tidak nyaman yang samar, atau rasa sesak di bagian tengah dada. Kadang, sebuah serangan jantung hanya menimbulkan rasa tidak nyaman yang ringan sekali, sehingga sering disalahartikan sebagai naiknya asam lambung.

Kondisi jantung dapat dibagi 4 kategori.

Pertama, sehat dan dapat bekerja berat serta ringan. Kedua, dapat bekerja berat, dan kalau sudah kecapaian tidak perlu berhenti melakukan aktivitas, tetapi cukup mengurangi intensitas/beratnya pekerjaan, dan kalau sudah merasa fit dalam satu dua menit intensitas kerja dapat ditingkatkan kembali, dan begitu seterusnya.

Ketiga, tidak dapat bekerja berat, tapi dapat melakukan pekerjaan ringan sehari-hari, jika kelelahan harus segera menghentikan aktivitas dan istirahat satu dua menit, yang baik dengan berbaring, tetapi jika sedang bejalan, maka istirahat dapat dilakukan dengan diam berdiri saja.

Keempat, sudah parah, untuk berjalan beberapa meter saja sudah kepayahan, kadangkala perlu dipapah.

Terdapat 2 kondisi penyumbatan yang menyebabkan agak sulitnya deteksi dini gangguan jantung, dengan mengamati kondisi gejala kilinis seperti penyumbatan koroner, pembuluh darah koroner (besar) tersumbat sementara, penyumbatan pembuluh darah kecil (iskemi), disebabkan oleh kolesterol dan juga diabetes.


Related

Health 7055057855084501618

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item