Trik Bisnis: Bagaimana Memikat Hati Konsumen di Era Digital

Trik Bisnis: Bagaimana Memikat Hati Konsumen di Era Digital

Naviri Magazine - Bisnis di dunia maya sudah menjadi hal biasa saat ini, karena hampir semua hal memang telah berpindah ke dunia maya. Membeli barang apa pun bisa dilakukan di dunia maya, semudah seperti membelinya di dunia nyata. Kenyataan ini tentu menyenangkan bagi para pemilik bisnis, namun juga membuka tantangan baru.

Persaingan dan perubahan bisnis terjadi begitu cepat. Ini menuntut pelaku bisnis terus berubah. Salah satunya dalam hal memenangkan hati konsumen. Pelaku bisnis harus tahu apa mau mereka, dan bisa memanjakan mereka. Tujuannya, agar konsumen bisa tetap loyal.

Perkembangan internet dan media sosial memberi dampak yang nyata pada perilaku konsumen. Karenanya, saat ini salah satu cara untuk memenangkan harapan konsumen (customer expectations) bisa dilakukan melalui sebuah aplikasi.

"Di seluruh dunia, ada miliaran orang yang secara masif terhubung internet, khususnya melalui smartphone," kata Chief Innovation dan Strategic Portfolio Office Telkom Indonesia, Sri Safitri, saat bicara di Indonesia Knowledge Forum VII 2018.

Sri menyebut masa ini sebagai kebangkitan ekonomi berbasis aplikasi (the rise of the app economy). Lalu, apa pengaruhnya bagi konsumen?

"79% konsumen online mempertimbangkan pembelian suatu produk dari penilaian pribadi. Pastikan produk mendapat penilaian yang baik," kata Sri.

Konsumen online, katanya, juga lebih suka melakukan atau memutuskan sesuatu sendiri. Mereka tidak suka dengan kampanye iklan atau jasa yang terlalu menggurui, atau menuntun mereka untuk melakukan sesuatu.

"70% calon konsumen online juga lebih menyukai aplikasi yang fungsional, sehingga lebih mudah untuk mendapat gambaran mendetail mengenai kualitas produk," tambah dia.

Mereka mungkin melakukan pencarian barang melalui desktop, meski begitu 38% pembelian dilakukan melalui smartphone. Karenanya, Sri menyarankan agar tampilan produk ramah smartphone.

Respons cepat

Karena berpikir kamu selalu online, 64% calon konsumen merasa kamu harus bisa menjawab pertanyaan dalam lima menit.

Pertama, berikan pelayanan yang memuaskan secara digital. Kedua, jalin komunikasi yang interaktif melalui media sosial dengan konsumen. Ketiga, jalankan layanan konsumen yang sebisa mungkin siap merespons 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Terakhir, pelayanan konsumen harus cepat, mudah dan transparan, dan jangan lupa ada sentuhan personal.

Baca juga: Bisnis Sederhana: Bermodal Rp5 Juta, Kini Omzet Ratusan Juta

Related

Internet 6370567684974455989

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item