Mengenal Hymenoplasty, Operasi Mengembalikan Selaput Dara

Mengenal Hymenoplasty, Operasi Mengembalikan Selaput Dara

Naviri Magazine - Selaput dara adalah membran tipis yang ada di dalam organ vital wanita. Biasanya, selaput dara yang masih utuh akan pecah saat si wanita melakukan hubungan seks pertama kali, dan pecahnya selaput dara tersebut ditandai dengan adanya darah.

Karena itulah, banyak pria yang memperhatikan hal ini saat menjalani malam pertama pernikahannya, karena ingin memastikan bahwa wanita yang menjadi istrinya benar-benar masih perawan.

Namun, yang perlu diketahui, pecahnya selaput dara tidak mesti harus berdarah. Karenanya, jika seorang wanita tidak mengeluarkan darah pada malam pertama, tidak berarti dia sudah tidak perawan. Bisa jadi selaput daranya memang lentur, sehingga mudah sobek atau berlubang.

Kemudian, selaput dara juga bisa robek karena aktivitas tertentu, selain hubungan seksual. Misalnya berolah raga terlalu berat (bersepeda, berkuda, berenang), masturbasi, kecelakaan, penggunaan alat medis, dan lain-lain.

Karena itu pula, sebagian perempuan yang menyadari selaput daranya sobek (misal karena olah raga) kadang menempuh cara operasi mengembalikan selaput dara agar kembali utuh. Tujuannya agar tidak menimbulkan pertanyaan atau masalah ketika menikah.

Metode operasi ini dipilih karena ditangani langsung oleh pakar yang benar-benar paham mengenai organ vital. Sehingga lebih terjamin hasil yang akan didapatkan.

Bila Anda memiliki rencana untuk operasi keperawanan, pastikan terlebih dahulu bahwa pakar kecantikan atau dokter yang dipilih adalah orang yang tepat.

Kemudian bandingkan dan periksa biayanya. Selalu diskusikan terlebih dahulu mengenai prosedur yang akan digunakan. Dan yang paling penting, mencari informasi mengenai perawatan pasca operasi.

1. Simple hymenoplasty

Simple hymenoplasty dilakukan dengan menjahit selaput dara yang tersisa di vagina. Bila selaput dara tidak ditemukan sisa, maka operasi tidak bisa dilakukan. Cara menyatukannya dengan menggunakan benang khusus yang bisa membuat benang menyatu dengan kulit.

2. Alloplant

Alloplant merupakan salah satu operasi keperawanan dengan cara pemasangan hymen atau selaput dara buatan. Cara ini sangat cocok bagi wanita yang vaginanya sudah tidak lagi tertutup oleh selaput dara. Dan wanita yang sudah aktif secara seksual.

Operasi alloplant sering dilakukan di negara maju seperti Amerika. Kebanyakan para wanita di sana menggunakan cara ini supaya bisa memberikan kepuasan bagi suaminya. Mereka juga melakukan operasi ini untuk menjalani bulan madu kedua dengan suaminya.

Setelah operasi selasai, biasanya dokter akan menyarankan untuk tidak langsung berhubungan seks selama beberapa hari, dan dokter biasanya juga memberikan resep obat agar vagina tidak terinfeksi.

Perlu diketahui, hymenoplasty saat ini masih menjadi isu yang kontroversial di beberapa negara.


Related

Sexology 8460923264544743239
item