Mengenal Panic Attack, Serangan Panik yang Muncul Tiba-tiba

Mengenal Panic Attack, Serangan Panik yang Muncul Tiba-tiba

Naviri Magazine - Panik adalah gejala yang umum terjadi pada siapa pun, khususnya saat menghadapi situasi-situasi tertentu yang gawat atau kritis. Itu hal lumrah atau manusiawi. Namun, ada pula serangan panik yang muncul tiba-tiba, tanpa penyebab jelas, dan itulah yang disebut panic attack atau gangguan panik yang muncul secara mendadak.

Kondisi ini muncul ketika perasaan teror tiba-tiba menyerang pasien tanpa peringatan. Ini bisa terjadi kapan aja, bahkan saat tidur. Seseorang yang memiliki kondisi ini mengalami rasa panik dan takut yang lebih parah dari situasi yang sebenarnya.

Beberapa gejala yang meliputinya adalah merasa lemah, pusing, kesemutan, berkeringat, atau bahkan menggigil. Nyeri dada, jantung berdebar, kesulitan bernapas, dan kehilangan kontrol diri juga sering menjadi ciri-cirinya.

Biasanya gejala ini terjadi sekitar kurang lebih dari 10 menit, walaupun gejala lainnya mungkin bisa terjadi lebih lama. Penyebab serangan panik ini tidak diketahui secara pasti, tapi kebanyakan rentan terjadi akibat adanya perubahan tekanan gaya hidup.

Orang menderita gangguan panik lebih mungkin memiliki depresi, pernah melakukan percobaan bunuh diri, penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan terlarang. Untungnya, kondisi ini bisa diobati dengan obat-obatan antikonvulsan yang bersifat menenangkan dan terapi psikologis.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Sisi Gelap Orang yang Punya Empati Tinggi

Related

Psychology 1091479063246720245
item