Tips dan Saran Merawat Kesehatan Pencernaan di Tubuh Kita

Tips dan Saran Merawat Kesehatan Pencernaan di Tubuh Kita

Naviri Magazine - Di dalam tubuh kita terdapat organ penting, yaitu pencernaan. Dengan organ itulah, tubuh kita mampu mencerna makanan dan minuman yang kita konsumsi, sehingga hasilnya—nutrisi-nutrisi yang dikandungnya—bisa disalurkan ke berbagai organ tubuh lainnya.

Karena pentingnya fungsi pencernaan, kita pun harus selalu merawat dan menjaga kesehatannya, agar pencernaan dapat terus bekerja dengan baik.

Masalah pencernaan tak hanya menyebabkan sakit perut, sulit buang air besar, sendawa, mual atau kembung saja. Lebih dari itu, masalah pencernaan bisa memengaruhi kesehatan Anda, mulai dari suasana hati hingga sistem kekebalan tubuh.

"Pencernaan adalah salah satu fungsi fisiologis terpenting dari tubuh," kata ahli gastroenterologi, Ashkan Farhadi, MD.

"Sebagai prasyarat penyerapan, pencernaan menyiapkan makanan untuk diangkut melintasi batas-batas tubuh di usus kita. Tanpa pencernaan, tubuh kita tidak dapat mengakses nutrisi yang kita konsumsi, dan kita akan kelaparan."

Sistem pencernaan adalah kelompok organ yang memecah makanan untuk menyerap nutrisi.

Kemudian, nutrisi tersebut akan digunakan sebagai bahan bakar untuk menjaga semua sistem tubuh bekerja. Bila ada sisa makanan yang tidak dapat diuraikan, dicerna, atau diserap, akan diproses menjadi feses.

Ada beberapa organ yang merupakan bagian dari sistem pencernaan, yaitu mulut, kerongkongan, perut, usus halus, usus besar, dan anus. Setiap organ memiliki peran dalam memecah makanan dan mengelola bahan limbah.

Oleh karena melibatkan banyak organ, bila ada masalah dalam pencernaan, dapat memengaruhi kesehatan secara keseluruhan, termasuk berdampak pada kesehatan mental.

Menurut konsultan nutrisi, Maria Adams, makanlah makanan tinggi serat dan kaya biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan. "Diet tinggi serat membantu menjaga makanan bergerak melalui saluran pencernaan, ini akan mengurangi risiko konstipasi," kata Maria.

Diet tinggi serat dapat membantu Anda mencegah atau mengobati berbagai kondisi pencernaan, seperti diverticulosis, hemoroid, dan sindrom iritasi usus.

Anda perlu membatasi makanan tinggi lemak. "Secara umum, makanan berlemak cenderung memperlambat proses pencernaan, membuat Anda lebih rentan terhadap konstipasi," kata Adams.

Dalam mengonsumsi makanan berlemak, sebaiknya selalu bersamaan dengan makanan berserat tinggi, agar lebih mudah bagi sistem pencernaan. Anda pun disarankan mengonsumsi protein tanpa lemak sebagai bagian dari pola makan sehat. Pilihlah daging tanpa lemak dan tanpa kulit.

Baca juga: Dampak Tak Terduga yang Disebabkan Masalah Pencernaan

Related

Tips 464443343935992170
item