Tips Sehat: Mewaspadai Penyakit-penyakit Kronis Sejak Muda

Tips Sehat: Mewaspadai Penyakit-penyakit Kronis Sejak Muda

Naviri Magazine - Penyakit kronis adalah penyakit-penyakit “kelas berat” semisal penyakit jantung, kanker, hipertensi, diabetes, dan lain-lain semacamnya. Selama ini, penyakit kronis mungkin dianggap hanya menyerang orang-orang yang telah berusia senja.

Namun, gaya hidup anak muda masa kini membuktikan bahwa penyakit kronis juga sudah mulai menyerang anak muda.

Mengutip data dari Riset Kesehatan Dasar 2013, sebanyak 25,8% total kasus hipertensi nasional di antaranya terjadi pada anak usia 15-17 tahun (5,3%). Kemudian ada penyakit jantung (37%), kanker (13%), dan diabetes (6%).

Semuanya terjadi dipicu gaya hidup yang tidak sehat seperti kurang gerak, pola makan buruk yang berdampak pada kacaunya produksi hormon dan enzim tubuh, termasuk produksi insulin. Padahal, insulin berperan penting untuk mengatur gula darah dan tekanan darah.

Bila tidak terkendali, dampak nyata yang sudah di depan mata adalah hipertensi dan diabetes. Tentunya, biaya untuk perawatan penyakit kronis tidaklah murah.

Hasil survei AIA Healthy Living Survey Index 2018 menunjukkan, 87% masyarakat Indonesia mencemaskan biaya untuk pengobatan kronis. Penyakit yang dianggap menimbulkan dampak finansial serius seperti kanker (53%), jantung (47%), dan diabetes (43%).

Bila kedapatan terkena kanker, lanjut survei ini, 31% responden menyatakan siap membayar dengan uang tabungan, dan hanya 28% yang membayar melalui asuransi. Karenanya, perlindungan dan proteksi asuransi menjadi hal yang wajib dimiliki.


Related

Tips 6423826088929502841
item