Misteri Biola yang Dimainkan Kaisar Nero Saat Roma Terbakar

Misteri Biola yang Dimainkan Kaisar Nero Saat Roma Terbakar

Naviri Magazine - Ada kisah populer terkait Roma zaman kuno, ketika kerajaan itu masih dipimpin oleh Kaisar Nero. Konon, ketika suatu hari Roma mengalami kebakaran, Kaisar Nero malah memainkan biola, dan bukan mengurusi kebakaran yang terjadi. Apakah benar begitu?

Peristiwa terbakarnya Roma terjadi pada tahun 64 Masehi, sementara biola baru ditemukan 1.500 tahun setelahnya. Jelas tak mungkin ia memainkannya.

Pada kenyataannya, saat kebakaran terjadi, menurut sejarahwan Tacitus, Nero mengkoordinasikan penanganan bencana, dan membuka bangunan umum dan taman pribadinya untuk menampung pengungsi yang kehilangan tempat tinggal. Ia mengimpor gandum dari kota terdekat, dan menyuplaikannya ke penduduk dengan harga miring.

Isu ini kemungkinan berkembang karena ketertarikan sang Kaisar dengan musik, terutama alat musik chitara, yang berbentuk seperti harpa namun digesek. Nero senang mengatur festival yang menghadirkan kompetisi musik di wilayah taklukan. Nero dikatakan sangat antusias dalam mengikuti kompetisi ini.

Kegemaran sang Kaisar dikatakan membuat lawan politiknya di Senat merasa terganggu.

Namun, Mary Francis Gyles memiliki perspektif yang lain. Menurutnya, kisah ini adalah metafora (perumpamaan) dari ketidakefektifan sang Kaisar. “Fiddling” dapat berarti “berusaha keras untuk sesuatu yang tak berguna atau keliru” atau “memanipulasi untuk memperoleh keuntungan”.

Baca juga: Kisah Para Raksasa yang Hidup di Zaman Kuno

Related

Insight 2806036847078985683
item