Misteri Penemuan Game Tertua di Dunia, Usianya 5000 Tahun

 Misteri Penemuan Game Tertua di Dunia, Usianya 5000 Tahun

Naviri Magazine - Papan permainan, atau yang sekarang lazim disebut game, ternyata bukan barang baru. Sekian ribu tahun yang lalu, orang-orang di berbagai tempat rupanya sudah mengenal game, meski dalam bentuk yang sederhana.

Para peneliti di Universitas Raparin yang berada di Ranya, Kurdistan, menemukan sebuah papan permainan misterius yang berusia 5.000 tahun, yang akan dikembangkan kembali di zaman sekarang.

Game Board itu adalah sejenis Royal Game Ur atau The Game of Twenty Square, yaitu permainan strategi papan balap (seperti ular tangga).

Permainan ini pertama kali dimainkan di Mesopotamia Kuno, selama awal milenium ketiga SM. Permainan ini populer di Timur Tengah, di antara orang-orang dari semua kalangan. Papan permianan kuno ini ditemukan di sekitar daerah Sri Lanka.
 
Pada masa itu, permainan ini memperoleh makna sepiritual, dan hal-hal yang ada dalam permainan diyakini mencerminkan masa depan sang pemain, dan juga dipercaya sebagai pesan dari dewa atau mahkluk gaib lainya.

Seiring berjalannya waktu, permainan ini makin terlupakan karena ada permainan-permainan baru sejenis Backgammon. Kecuali para penduduk di kota Kochi, India, yang masih memainkan permainan ini sampai tahun 1950, ketika mereka mulai bermigrasi ke Israel.

Baca juga: 5 Game Horor Indonesia Paling Menarik Sekaligus Mengerikan

Related

Mistery 3660788851581005677
item