Misteri Piltdown Man, Kebohongan Terbesar di Dunia Sains

Misteri Piltdown Man, Kebohongan Terbesar di Dunia Sains

Naviri Magazine - Piltdown Man mungkin menjadi kasus kebohongan paling besar dalam dunia sains. Piltdown Man adalah kerangka humanoid primitif yang ditemukan di Piltdown, Inggris, pada tahun 1912. Bentuk tengkorak makhluk ini berbeda dari tengkorak-tengkorak manusia purba yang pernah ditemukan sebelumnya.

Dua pria yang menemukan tengkorak tersebut adalah Charles Dowson dan Arthur Smith Woodward. Mereka segera mempopulerkan temuan mereka, dan mengatakan bahwa temuan mereka adalah wujud missing link antara manusia dengan kera.

Skeptisme akhirnya muncul dari kalangan ilmiah, terlebih lagi setelah para ahli paleontologi dan antropologi menemukan bahwa tengkorak tersebut adalah palsu. Meskipun begitu, Piltdown Man sempat diterima sebagai bagian dari sejarah dan ilmu pengetahuan selama 40 tahun setelah penemuannya, hingga di tahun 1953 sekelompok ahli berhasil membongkar pemalsuan itu.

Ternyata, tengkorak tersebut adalah kombinasi dari tulang manusia, simpanse, dan orangutan, sementara giginya disiram dengan asam khromat hingga terlihat kuno. Ada beberapa nama yang diajukan sebagai tersangka dari pemalsuan ini, namun Charles Dowson yang mengaku menemukan tengkorak ini pastilah dalang utama di balik kasus tersebut.

Baca juga: Terungkapnya Kebohongan di Balik Penyerangan Amerika ke Irak

Related

Science 1016927288413319396

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item