Misteri Quantum Realm yang Muncul di Film Captain Marvel

 Misteri Quantum Realm yang Muncul di Film Captain Marvel

Naviri Magazine - Setelah Avengers: Infinity Wars tayang di bioskop, para penggemar film Marvel pun penasaran dan menunggu-nunggu lanjutannya. Pasalnya, kisah dalam Avengers: Infinity Wars bisa dibilang masih menggantung, sehingga akan ada film lanjutannya.

Kenyataannya, memang ada film lanjutan Avengers: Infinity Wars, yaitu Avengers 4. Namun, sebelum sampai pada film tersebut, para penggemar Marvel akan terlebih dulu disuguhi aksi superhero lain, yaitu Captain Marvel. Terkait film ini, ada satu hal yang membuat banyak orang penasaran, yaitu tentang Quantum Realm.

Quantum Realm atau Dunia Quantum pertama kali diperkenalkan oleh Marvel pada film Ant-Man di tahun 2015 lalu. Dunia Quantum adalah dimensi misterius yang berada di luar hukum waktu dan ruang.

Di film tersebut, Hank Pym adalah orang yang pertama kali menemukan Dunia Quantum. Dia menemukan Dunia Quantum ketika sedang melakukan uji coba dengan Pym Particles. Dia percaya bahwa orang yang masuk ke dimensi tersebut akan hilang selamanya.

Seperti yang sudah banyak diketahui fans, Dunia Quantum dipercaya akan memiliki peran penting di film Avengers 4 nanti. Yang paling populer adalah Scott Lang akan lolos dari sana melalui time vortex, dan kembali berkumpul bersama Avengers. Tony Stark akan memiliki ide untuk menggunakan Dunia Quantum untuk kembali ke masa lalu, menulis ulang sejarah demi tidak terjadinya peristiwa yang kita lihat di film Infinity War.

Apakah Dunia Quantum bisa muncul di film Captain Marvel?

Dunia Quantum sebenarnya merupakan hasil pemikiran Dr. Spiros Michalakasi, seorang ahli fisika quantum yang direkrut oleh Marvel pada 2014 lalu. Dia menjadi konsultan Marvel dalam membuat film Ant-Man.

Menururt mekanisme kuantum, jika kita mengecil pada titik tertentu, maka hukum tentang waktu dan ruang tidak akan berlaku lagi. Di sanalah Dunia Quantum berada. Jika kita mampu melewati “gerbang” tersebut, kita bahkan mampu melakukan perjalanan waktu. Bahkan, Michalakis adalah orang yang mencetuskan ide tentang nama dunia tersebut, karena “microverse” tidak bisa digunakan, dengan alasan hukum.

Pada 2017 lalu, Michalakis diwawancarai tentang potensi cerita Dunia Quantum. Secara krusial, sang ilmuwan memberi petunjuk bahwa Dunia Quantum akan memiliki peran penting bagi film Captain Marvel.

“Ini (Dunia Quantum) sangat menarik untuk masa depan. Ada beberapa cara untuk mengeluarkan ide ini dalam beberapa tahun. Bukan hanya untuk Ant-Man, tapi juga untuk Captain Marvel dan untuk Marvel Cinematic Universe.”

Dalam trailer resmi Captain Marvel yang dirilis Marvel, kita bisa melihat origin story seorang Carol Danvers. Dia memperoleh kekuatan dari sebuah energi, setelah sebuah ledakan dari alat bangsa Kree meledak di dekatnya. Hal itu sama seperti di komiknya, di mana Carol bertransformasi ketika dia berdiri di samping Psyche-Magnetron milik Kree, ketika akan meledak.

Tapi ada kemungkinan ledakan tersebut bukan berasal dari Psyche-Magnetron. Warna energi yang terlihat di trailernya mirip energi ledakan yang ada di Dunia Quantum pada film Ant-Man & the Wasp. Adegan lainnya juga memperlihatkan Carol setelah terkena ledakan tersebut. Di mana tangan Carol memiliki energi yang sama.

Dalam film Ant-Man & the Wasp, disebutkan kalau exposure energi dari Dunia Quantum bisa memberi kekuatan super pada sesorang, contohnya Janet Van Dyne dan Ghost. Ada kemungkinan Carol terkena semacam kekuatan Quantum milik bangsa Kree.

Menurut Kevin Feige, Captain Marvel akan menjadi superhero terkuat MCU. Mungkin karena dia memiliki kekuatan dari Dunia Quantum yang tidak terbatas.

Dalam komiknya, Carol memiliki kemampuan untuk berubah menjadi “biner”, mengeluarkan energi yang mampu menerobos interdimensi, yang disebut White Hole.

Jika memang kekuatan Captain Marvel berasal dari Dunia Quantum, maka tanpa diragukan lagi dia merupakan pahlawan yang paling kuat saat ini. Tidak ada batasan kekuatan yang bisa dikeluarkan oleh Carol. Kita tahu kalau Infinity Stones bisa dihancurkan, dan kekuatan seperti milik Captain Marvel bisa menandingi kekuatan Infinity Stones.

Satu-satunya batasan dari kekuatan Carol Danvers adalah tubuhnya sendiri. Tubuhnya memiliki keterbatasan dari energi yang mampu disalurkan. Dalam cerita komiknya, Carol pernah menggunakan kekuatannya secara berlebihan. Hal tersebut berakibat hilangnya ingatan Carol Danvers. Pertarungan melawan Thanos mungkin akan membahayakan nyawanya, karena dia berisiko kehilangan identitas dirinya lagi.

Tapi, selain melawan langsung Thanos, Captain Marvel juga bisa memiliki peran penting lain di film Avengers 4 nanti. Jika dia mampu membuat White Hole, dia bisa menjadi kunci agar para Avengers bisa masuk ke Dunia Quantum.

Hal tersebut juga bisa menjadi kunci bagaimana Scott selamat dari Dunia Quantum tersebut. Para Avengers mungkin tidak akan mengecilkan tubuh mereka dan masuk ke Dunia Quantum, melainkan Tony akan mencoba mempelajari kekuatan Carol, dan membuat sebuah gerbang agar bisa masuk ke dunia tersebut.

Kembali, dalam cerita komik, Carol terbukti mampu membuka sebuah portal menuju dimensi lain.

Baca juga: Sinopsis Robin Hood, Kisah Pahlawan yang Tak Lekang Zaman

Related

Film 1282891630892732151
item