Negara-negara dengan Hutan Terbesar dan Terluas di Dunia

Negara-negara dengan Hutan Terbesar dan Terluas di Dunia

Naviri Magazine - Hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Kita bisa menemukan hutan di daerah tropis maupun daerah beriklim dingin, di dataran rendah maupun di pegunungan, di pulau kecil maupun di benua besar.

Hutan merupakan kumpulan tumbuhan serta tanaman, terutama pepohonan atau tumbuhan berkayu lain yang menempati daerah cukup luas. Pohon adalah tumbuhan cukup tinggi dengan masa hidup bertahun-tahun.

Karenanya, pohon berbeda dengan sayur-sayuran atau padi-padian yang hidup semusim saja. Suatu kumpulan pepohonan disebut hutan jika mampu menciptakan iklim dan kondisi lingkungan yang khas setempat, yang berbeda dibanding daerah di luarnya.

Berikut ini negara-negara yang masih memiliki hutan dalam ukuran sangat luas, bahkan disebut sebagai negara-negara pemilik hutan terbesar di dunia.

Rusia

Rusia adalah negara terluas di dunia, dan di wilayahnya yang luas itu terdapat hutan yang juga sangat luas. Total area hutan di Rusia mencapai 8.085.986 kilometer persegi, yang merupakan 47,35 persen dari luas wilayah negara tersebut.

Banyak hutan di Rusia yang merupakan hutan tua warisan alam, dan menjadi wadah utama keanekaragaman hayati. Luas wilayah hutan yang dimiliki Rusia merupakan 22 persen dari total semua hutan yang ada di dunia.

Brazil

Berdasarkan wilayah geografis dan jumlah penduduk, Brazil termasuk negara terbesar di dunia. Dalam hal kekayaan hutan, Brazil menjadi negara kedua yang memiliki hutan terbesar di dunia, dengan luas mencapai 4.776.980 kilometer persegi. Jumlah itu merupakan 55,37 persen dari total wilayah Brazil.

Selain itu, Brazil adalah rumah bagi hutan tropis terbesar di dunia, yakni hutan Amazon, yang menutupi hampir 9 negara termasuk Brazil. Hutan hujan Amazon menyumbang lebih dari setengah hutan hujan di bumi.

Kanada

Kanada adalah negara terbesar kedua di dunia yang berbatasan langsung dengan Amerika. Kanada juga menjadi negara pemilik hutan terbesar di dunia, dengan luas mencapai 3.101.340 kilometer persegi, yang merupakan 31,6 persen dari seluruh wilayah Kanada.

Di negara itu terdapat hutan boreal (taiga) yang sangat luas, yang merupakan aspek sangat penting bagi Kanada, yaitu sebagai ikon sejarah, perekonomian, termasuk seni dan kehidupan sosial.

Amerika Serikat

Sebagai negara maju, Amerika menyadari pentingnya arti hutan bagi kehidupan, khususnya bagi negaranya. Karenanya, berbagai organisasi konservasi di Amerika pun didirikan untuk tujuan memulihkan, menjaga, dan melestarikan hutan yang ada di sana.

Dengan wilayahnya yang besar, Amerika memiliki area hutan seluas 3.034.070 kilometer persegi, yang merupakan 31,51 persen dari total wilayah Amerika. Jumlah itu jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah hutan yang dimiliki Amerika di masa lalu.

Cina

Cina tidak hanya memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak, tapi juga wilayah yang sangat luas. Karenanya, negara itu pun memiliki area hutan yang tidak kalah luas dibanding negara lain.

Hutan di Cina mencapai luas 2.054.056 kilometer persegi, yang merupakan 21,40 persen dari total luas wilayah Cina. Negara itu memiliki hutan hujan tropis yang luas di selatan Yunan, namun kekayaan hutan itu menurun sebanyak 67 persen dalam 30 tahun terakhir.

Australia

Sebagai negara dengan wilayah besar, Australia memiliki banyak hutan yang penting, mulai dari hutan tropis hingga mangrove. Luas daratan Australia mencapai 7.692.024 kilometer persegi. Sementara luas wilayah hutan di sana mencapai 1.632.912 kilometer persegi. Artinya, luas wilayah hutan Australia mencapai 21,23 persen dari luas wilayahnya.

Hutan asli Australia yang utama terdiri dari kayu putih (78 persen), akasia (7 persen), dan melaleucas (5 persen). Hutan-hutan itu pada umumnya terletak di daerah dengan curah hujan 500 milimeter per tahun.

Kebakaran adalah ancaman utama bagi hutan di Australia, sehingga pengawas hutan pun melakukan berbagai strategi untuk mencegah kebakaran, upaya pemadaman, serta deteksi untuk meminimalisir kerusakan akibat kebakaran hutan.

Republik Demokratik Congo

Luas area hutan di negara ini 1.329.707 kilometer persegi, yang merupakan 56,71 persen dari total luas wilayah Republik Demokratik Congo. Negara itu memiliki hutan yang rimbun dan subur, namun sayangnya konflik sosial sering terjadi di sana.

Hutan hujan Kongo adalah rumah bagi lebih dari 10 ribu spesies tanaman, 700 jenis ikan, 400 mamalia termasuk simpanse kerdil, dan 1.000 spesies burung. Sebanyak 59,9 persen hutan di Kongo dimiliki oleh negara.

Indonesia

Indonesia merupakan rumah bagi hutan hujan terluas di kawasan Asia, dan merupakan tempat tinggal sekitar 38 ribu spesies tumbuhan. Luas hutan di Indonesia mencapai 884.950 kilometer persegi, atau sekitar 46,46 persen dari luas wilayah negara ini.

Selain menjadi rumah bagi ribuan spesies tumbuhan, hutan di Indonesia juga menjadi tempat hidup bagi 1.531 jenis burung, 515 jenis mamalia, 270 spesies amfibi, dan 35 spesies primata, termasuk orangutan dan bekantan.

Peru

Separuh dari wilayah negara Peru tertutup oleh hutan hujan Amazon, karena wilayah Peru terletak di Amerika Selatan, dan berbatasan dengan Brazil yang memiliki 60 persen wilayah Amazon.

Selain itu, Peru memiliki kawasan hutan sendiri seluas 685.536 kilometer persegi, yang merupakan 53,34 persen dari total luas wilayah negara tersebut. Sebanyak 80 persen hutan di Peru adalah hutan primer, dan 10 persennya berupa hutan tempat flora dan fauna yang menakjubkan di dunia, termasuk 25 ribu spesies tanaman.

Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia PBB memperkirakan bahwa tingkat penggundulan hutan per tahun di Peru lebih rendah dibandingkan negara-negara tetangganya di Amerika Latin.

India

Di masa lalu, wilayah India pernah tertutup hutan lebat, dan hutan di India merupakan rumah bagi spesies burung yang terancam punah serta berbagai satwa liar lainnya. Di masa sekarang, jumlah hutan di India terus menyusut, sementara berbagai ancaman deforestasi juga mengintai hutan India.

Produk kayu bakar dan hutan sebagai sumber energi primer menjadi penyebab utama berkurangnya wilayah hutan di sana. Saat ini, luas hutan di India tinggal 778.424 kilometer persegi, atau sekitar 23,68 persen dari luas wilayahnya.

Hutan India adalah rumah bagi 45 ribu spesies tanaman dan 81 ribu spesies hewan, termasuk harimau bengal dan gajah.

Baca juga: Fakta-fakta Aneh dan Mengerikan Seputar Kutub Utara

Related

World's Fact 3456341650934729621

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item