Negara yang Merayakan Kematian Penyair Sebagai Hari Nasional

Negara yang Merayakan Kematian Penyair Sebagai Hari Nasional

Naviri Magazine - Setiap negara memiliki hari nasional, bisa hari kemerdekaan, hari penyatuan daerah-daerah yang semula saling terpisah, atau apa pun. Intinya, hari nasional adalah hari yang dipandang sebagai hari penting terkait negara bersangkutan. Contohnya, Indonesia menjadikan 17 Agustus sebagai hari nasional, karena pada tanggal itulah Indonesia meraih kemerdekaan.

Yang unik adalah Portugal. Negara itu memiliki hari nasional yang diperingati setiap tahun. Namun peringatan itu tidak terkait negara, melainkan terkait seorang penyair bernama Luís de Camões.

Luís de Camões lahir di Lisabon pada 1524. Camões diusir dari Lisabon saat ia berumur 20-an. Lalu, menurut laporan Smithsonian, ia pergi berlayar bersama angkatan laut Portugal untuk mempertahankan wilayah koloni. Di Afrika bagian utara, Camões ikut bertempur melawan orang-orang Moor. Pertempuran itu membuat satu mata Camões buta.

Pada 1551, Camões kembali ke Lisabon. Tetapi, dia malah dipenjara setelah melukai seorang pejabat kerajaan. Dua tahun kemudian, laki-laki yang sebenarnya berasal dari keluarga aristokrat Portugal itu dikirim ke Goa, koloni Portugal di jazirah India. Setelah masa tugasnya selesai, Camões pergi ke Macau, daratan kecil di selatan Cina yang juga menjadi koloni Portugal.

Menurut Britannica, Camões menginjakkan kakinya di Lisbon lagi pada 1570. Dua tahun kemudian, Camões menerbitkan puisi-epos yang diberi judul Os Lusíadas. Puisi itu menggambarkan perjalanan Vasco da Gama, penjelajah asal Portugal, mengarungi samudera hingga akhirnya sampai di India.

Masa hidup Camões sendiri sebetulnya jauh dari masa hidup Vasco da Gama (1460-1524). Inspirasinya membuat puisi-epos tentang da Gama kemungkinan malah berasal dari perjalanannya berpindah-pindah dari Lisabon, ke Goa, hingga Macau.

Namun, tetap saja Raja Portugal Sebastian (1554-1578) menyukai puisi Camões. Raja itu lalu memberi uang pensiun kepada sang penyair. Hari nasional Portugal pun kemudian ditetapkan pada tanggal kematian Camões, 10 Juni.

Baca juga: Negara-Negara yang Tidak Merayakan Hari Kemerdekaan

Related

World's Fact 3356104205345642436

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item