Ternyata, Nyamuk Menyukai Benda-benda Berwarna Hitam

Ternyata, Nyamuk Menyukai Benda-benda Berwarna Hitam

Naviri Magazine - Nyamuk menyukai benda-benda berwarna hitam, karena benda-benda berwarna hitam memancarkan radiasi panas yang lebih besar dibanding benda-benda yang berwarna cerah. Nyamuk selalu tertarik pada benda-benda semacam itu.

Nyamuk memiliki sensor yang digunakannya untuk mendeteksi panas. Karena itu pula, nyamuk cenderung mendekati pakaian berwarna hitam, juga selalu terbang di atas rambut kita—yang juga berwarna hitam—karena panas yang dihasilkan benda-benda itu menarik perhatiannya.

Bagaimana nyamuk merawat telurnya?

Setelah bertelur, nyamuk betina akan menjelajahi wilayah yang ada dengan sangat teliti, menggunakan reseptornya yang sangat peka yang terletak pada perutnya. Setelah menemukan tempat yang cocok, nyamuk mulai meletakkan telur-telurnya. Biasanya, tempat yang dipilih adalah dedaunan lembap atau kolam-kolam tak berair.

Telur yang panjangnya kurang dari 1 milimeter itu diletakkan secara teratur hingga membentuk sebuah barisan yang rapi. Beberapa spesies nyamuk meletakkan telur-telurnya sedemikian rupa, hingga berbentuk seperti sebuah sampan.

Beberapa koloni telur itu ada yang terdiri dari 300 butir telur. Dari tempat itu, kelak, telur-telur itu akan menetas dan berubah menjadi nyamuk.

Baca juga: Hidup di Padang Pasir, tapi Mata Unta Tidak Pernah Kelilipan

Related

Science 2038504961700327617

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item