Apakah Operasi Plastik Memang Memakai Plastik? Ini Jawabannya

Apakah Operasi Plastik Memang Memakai Plastik? Ini Jawabannya

Naviri Magazine - Kita tentu sudah akrab dengan istilah operasi plastik, yaitu upaya yang ditujukan untuk memperbaiki kondisi tubuh atau untuk mempercantik penampilan. Banyak artis dan orang-orang terkenal yang mengakui terang-terangan kalau mereka melakukan operasi plastik, dan hasilnya mereka memang tampak lebih menawan.

Sebagian orang awam mungkin bertanya-tanya, apakah operasi plastik memang menggunakan plastik? Kenapa disebut operasi plastik?

Walaupun terkenal di kalangan orang awam dengan istilah operasi plastik, namun prosedur kedokteran ini sama sekali tidak melibatkan unsur plastik.

Kata "plastik" dalam operasi plastik berasal dari bahasa Yunani, "plastikos", yang berarti “membentuk”. Jadi, plastik di sini tidak berarti bahwa operasi plastik menggunakan bahan dasar plastik, melainkan sebuah tindakan pembentukan.

Operasi plastik seakan sudah menjadi tren. Korea Selatan dikenal sebagai negara yang warganya banyak melakukan operasi plastik. Namun, banyak orang tidak menyadari kalau operasi ini sebenarnya sudah berkembang sejak berabad-abad lalu.

Pada abad ke-19 dan 20, bedah plastik sudah menjadi praktik umum. Dimulai oleh seorang dokter bedah plastik pertama di Amerika, yaitu dr. John Peter Mettauer, dengan pembedahan langit-langit mulut sumbing.

Apa yang dilakukan oleh dr. John memang membawa kontribusi besar bagi dunia kesehatan, namun predikat "bapak operasi plastik modern" didapat oleh Sir Harold Gilies. Sir Harold mengembangkan berbagai teknik dalam operasi terkait.

Tindakan bedah plastik secara umum terbagi menjadi dua jenis—berdasarkan tujuan pembedahan—yakni pembedahan rekonstruksi dan pembedahan estetik.

Berbeda dengan bedah rekonstruksi yang ditujukan bagi pasien dengan kerusakan tubuh—akibat kecelakaan maupun bawaan sejak lahir—bedah estetik ditujukan bagi pasien normal dan sehat yang merasa bentuk tubuhnya kurang. Misalnya ingin membuat hidung menjadi mancung, ingin melebarkan kelopak mata, memperbesar atau memperkecil payudara, dan sebagainya.

Apakah saya perlu bedah plastik?

Banyak orang, terutama wanita-wanita di kota besar, memandang operasi plastik untuk tujuan estetika bukan sesuatu yang tabu dan menakutkan lagi. Bahkan Brasil melakukan subsidi bagi warganya yang ingin melakukan operasi plastik.

Namun, sebelum melakukannya, lebih baik Anda berpikir dengan matang atas segala konsekuensi yang mungkin muncul pascaoperasi. Karena perubahan yang dihasilkan dari operasi plastik biasanya dramatis dan permanen, sangat penting bagi Anda untuk memiliki pemahaman jelas tentang apa yang akan Anda rasakan setelah bedah plastik.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini 5 Alasan Orang Melakukan Operasi Plastik

Related

Beauty 8703069513594139051
item