Orang-orang Super Kaya yang Menjalani Hidup Sangat Sederhana

Orang-orang Super Kaya yang Menjalani Hidup Sangat Sederhana

Naviri Magazine - Istilah “sederhana” bisa jadi memiliki beragam definisi. Sebagai contoh, naik sepeda motor bisa dibilang sederhana bagi yang punya kemampuan untuk beli mobil. Namun, di sisi lain, sepeda motor bisa pula dianggap barang mewah bagi mereka yang memang tidak bisa membelinya.

Dalam hal ini, ada orang-orang super kaya, yang bisa menjalani kehidupan sangat mewah, tapi justru memilih kehidupan sangat sederhana, berdasarkan ukuran kekayaan mereka.

Di India, misalnya, Azim Hashim Premji dikenal sebagai salah satu orang super kaya yang hidup ‘sederhana’. Dengan kekayaan US$ 18,8 miliar atau sekitar Rp 279 triliun, Azim merupakan orang paling tajir kedua di India setelah Mukesh Ambani.

Tak cuma dermawan – dia berkomitmen menyumbangkan paling tidak separuh hartanya untuk kegiatan sosial – bos Wipro itu juga hidup irit dan sederhana. Lihatlah mobil yang dia kendarai bertahun-tahun. Meski mampu membeli mobil termahal di bumi sekali pun, hingga 2014 lalu mobil Azim hanyalah sedan Toyota Corolla tua.

Setelah hampir sepuluh tahun dia kendarai, pada 2014 lalu mobil itu dia pensiunkan. Penggantinya memang Mercedes Benz, tapi Azim pilih seri Mercedes Benz C Class, bukan S Class yang lebih besar dan tentu lebih mahal. Itu pun Azim beli sedan Mercedes lungsuran alias bekas milik anak buahnya.

Memang ada orang kaya seperti keluarga Ambani, Hilton, Jianlin, Ellison, atau Mittal, yang doyan barang-barang mahal, tapi tak sedikit pula pengusaha-pengusaha paling tajir di planet ini yang tetap hidup ‘sederhana’ meski duitnya tak bakal habis dua puluh keturunan sekali pun.

Warren Buffet, pengusaha yang selama puluhan tahun namanya tak pernah keluar dari daftar 10 orang terkaya di dunia, masih tetap tinggal di rumah lamanya di Omaha. Prinsip hidup Buffet memang masuk akal. Kualitas hidupnya, menurut Buffet, tak dipengaruhi oleh jumlah uang di rekeningnya.

Ya, bagi orang sekaya dia, hartanya berkurang Rp 5 triliun atau Rp 30 triliun sekali pun tak akan berpengaruh satu dolar pun ke uang belanja di rumahnya.

Punya banyak rumah atau banyak mobil, bagi Buffet, justru malah bikin pusing. “Hidupku tak akan jadi lebih bahagia. Malah mungkin hidupku bakal lebih buruk lagi jika aku punya enam atau delapan rumah,” kata dia, dikutip Business Insider.

Pada dasarnya, toh kebutuhan orang memang terbatas. “Aku sudah punya semua yang aku butuhkan. Dan aku tak butuh lainnya, karena itu tak akan membuat perubahan apa pun.”


Related

Lifestyle 8913254963224182194
item