Panduan Memulai dan Mengukur Kesuksesan Kampanye Digital

Panduan Memulai dan Mengukur Kesuksesan Kampanye Digital

Naviri Magazine - Kampanye digital adalah bagian periklanan yang berbasis digital. Sejak penetrasi internet makin masif di kalangan masyarakat, kampanye bisnis pun mulai beralih atau mengalami pergeseran. Dari yang semula hanya ada di dunia nyata, kini juga mulai memasuki dunia maya.

Pergeseran perilaku konsumen memang membuat banyak pemasar memutar otak untuk menyusun strategi pemasaran. Perusahaan yang kini mulai melakukan transformasi digital juga mulai melirik kampanye pemasaran digital.

Sebut saja Bukalapak, Gojek, Tokopedia, dan Traveloka, yang terbilang gencar melakukannya.

"Di digital, pemasaran dikenal sebagai web analytics. Di dalamnya ada teknik analisis dalam jaringan untuk mengukur dan mengoptimalkan kontribusi pemasaran digital bagi bisnis, seperti melalui volume traffic, impression, dan konversi lead," tulis majalah Marketing.

Dari web marketing pula, kita bisa melihat dan mengetahui profil warganet yang berpotensi menjadi calon konsumen. Kita juga bisa menilai loyalitas pelanggan agar terjadi pengulangan pembelian.

Pakar pemasaran Chaffey Ellis-Chadwick menyebutkan, ada empat kriteria pendekatan untuk mengoptimalkan hasil pemasaran digital. Pertama adalah metriks yang terkait indikator kinerja.

Kedua adalah tools yang merupakan peranti lunak untuk mengumpulkan, mengolah dan menggambarkan tolok ukur, sehingga mudah dipahami. Analisis mencakup pengukuran evaluasi yang diterjemahkan dalam rencana aksi.

Keempat, action yang merupakan tindak nyata berdasarkan hasil pengukuran. Proses pengukuran kinerja kampanye ada empat seperti berikut.

Penentuan tujuan

"Memiliki tujuan akhir yang jelas akan memudahkan perusahaan menentukan strategi dan taktik," kata Chaffrey, masih dikutip majalah Marketing.

Pengukuran kinerja

Di tahap ini, hal terpenting adalah perusahaan mengetahui individu yang melakukan pengukuran tersebut (who), kapan (when), dan bagaimana caranya (how).

Diagnosa kinerja

Langkah ini dilakukan setelah kampanye selesai. Langkah ini masuk dalam fase evaluasi.

Tindakan perbaikan

Tindakan perbaikan adalah langkah penutup dari kampanye pemasaran digital yang pertama, sekaligus menjadi langkah pembuka menuju kampanye pemasaran digital selanjutnya.


Related

Internet 1599082926528606881

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item