Ini Dua Pemakaman Paling Mewah dan Mahal di Indonesia

Ini Dua Pemakaman Paling Mewah dan Mahal di Indonesia

Naviri Magazine - Tidak hanya selagi hidup, bahkan ketika mati pun orang bisa memilih di mana akan tinggal. Bagi sebagian orang, mereka ingin dimakamkan di tempat yang tidak hanya layak, tapi juga asri dan indah, atau bahkan mewah. Karena latar belakang itu, muncullah kompleks pemakaman khusus yang dibuat dengan mewah.

Salah satunya adalah San Diego Hills, pemakaman mewah milik Grup Lippo. Pemakaman yang berlokasi di Karawang ini dinobatkan sebagai pemakaman terindah di Indonesia karena memiliki fasilitas seperti restoran, kapel, masjid, kolam renang, tempat bermain anak, danau, dan lainnya.

San Diego Hills memiliki branding tersendiri untuk menggaet kalangan atas membeli tempat peristirahatan terakhir yang nyaman. Namanya mencuat karena banyak artis dan pejabat membeli pemakaman di sana, misalnya saja Olga Lidya.

Sejak peluncurannya pada 2008, pemakaman mewah tersebut telah terjual sebanyak 58.000, dan baru digunakan sebanyak 51.000. Ketika pertama kali diluncurkan, harga kapling baru berkisar Rp2-8 juta saja. Namun, kini harganya sudah melonjak tajam.

Setelah San Diego Hills, satu-satu mulai bermunculan konsep taman pemakaman yang serupa. Adalah Al-Azhar Memorial Garden, sebuah taman pemakaman mewah berbasis syariah khusus untuk umat muslim yang dibuka di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Makam ini diusung oleh Yayasan Pesantren Islam (YPI) dan dikelola oleh PT. Nusantara Prima Sukses Sejati, dan dilengkapi dengan taman, masjid, dan playground, juga lounge untuk istirahat para peziarah.

Tak jauh beda dengan San Diego Hills, Al-Azhar Memorial Garden juga mematok harga fantastis untuk setiap kapling yang dipesan, walau bisa dibilang lebih murah dari pendahulunya.

Terdapat tiga macam pilihan dan harga yang menyertainya: Pertama, tipe single dengan luas tanah 4,5 meter persegi seharga Rp 21,9 juta. Kedua, tipe double dengan luas tanah 13,65 meter persegi yang dibanderol dengan harga Rp 72 juta. Terakhir, tipe untuk family, dengan fasilitas empat jenazah dengan tanah seluas 26,56 meter persegi dan harga Rp 199 juta.

Di zaman yang serba mahal seperti sekarang, bahkan kematian pun terasa sangat mahal.

Baca juga: Tanah Makam Kian Langka, Orang Jakarta Terpaksa Booking Kuburan

Related

World's Fact 3819110551265404268

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item