Kisah Pria yang Dapat Penghasilan Puluhan Juta dari BRILink

Kisah Pria yang Dapat Penghasilan Puluhan Juta dari BRILink

Naviri Magazine - Rezeki memang bisa datang dari mana saja, bahkan kadang dengan cara yang semula tidak kita sangka. Seorang pria bernama Omang bin Jajang bisa menjadi contoh dalam hal ini.

Omang bin Jajang hidup sebagai perantau di wilayah Bogor, Jawa Barat. Dia sempat menjadi buruh pabrik hingga akhirnya mengadu nasib sebagai pedagang bakso. Dia juga menambah penghasilan dengan menjalankan usaha warung sembako yang sudah dirintis orang tuanya selama dua puluh tahun.

Sepeninggal sang ayah, Omang memang menjadi tulang punggung keluarga. Dia pun terus berupaya mencari cara untuk menambah penghasilan. Lalu ada yang menawari jadi agen BRILink, dan Omang mencobanya.

BRILink merupakan program PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BRI yang bertujuan untuk membantu melayani kebutuhan keuangan bagi masyarakat secara real time online.

Melalui alat bernama Electronic Data Capture, para agen bisa membantu masyarakat setempat untuk melakukan transaksi perbankan. Seperti cek saldo, menabung, transfer, melakukan pembayaran pulsa PLN Prabayar dan Pascabayar, Telkom, Pembayaran SPP, dan lainnya.

Setelah menegetahui lebih dalam mengenai BRILink, Omang pun tertarik bergabung. Salah satu faktor pendorongnya adalah keuntungan yang ditawarkan BRILink.

"Awalnya saya ditawarin sama mantri BRI-nya, saya tertarik jadi agen BRILink karena katanya bisa mendapatkan penghasilan Rp 6 juta per bulan," kata Omang.

Di samping itu, Omang berpendapat, BRILink juga telah membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dan transaksi online secara lebih mudah. Setidaknya, bagi warga di sekitar rumahnya di Cibungbulang yang tidak lagi kesulitan mengakses layanan perbankan. Sebelumnya, warga harus menempuh jarak yang cukup jauh ke Kota Bogor untuk mengakses layanan perbankan.

"Di sekitar sini banyak nasabah BRI, tapi kejauhan kalau ke bank. Jaraknya minimal 15 kilometer. Sekarang tidak perlu lagi menempuh jarak sejauh itu untuk bertransaksi keuangan," ucapnya.

Saat ini, Omang mampu memperoleh transaksi sebanyak 6.000 kali dalam sebulan. Keuntungan bersih per transaksi berkisar Rp 5.000-10.000. Dengan begitu, Omang bisa mengantongi keuntungan minimal Rp 30 juta per bulan dari transaksi online BRILink.

Belum lagi, dari pendapatan dari usaha warung sembako yang ia jalankan. Dari usaha itu, Omang bisa mengumpulkan Rp 5 juta setiap bulan.

Dari semua pendapatan itu, Omang pun bisa membiayai semua kebutuhan keluarga. Mulai dari biaya pendidikan anak, merenovasi rumah, hingga membeli tanah sebagai investasi jangka panjang.

"Sudah punya tanah. Nanti rencananya mau dibuat ruko untuk usaha yang lebih besar," katanya.

Omang melanjutkan, kunci dari keberhasilannya dalam menjalankan BRILink adalah kerja keras dan ketulusan. Kedua kunci itu akhirnya menumbuhkan kepercayaan dari masyarakat.

"Saya kerja keras dan tak lelah meyakinkan nasabah kalau setor di agen itu aman. Awal-awal sih mereka yakin enggak yakin. Masyarakat di sekitar awam banget, dari mulut ke mulut. Kita juga pakai banner dan fasilitas transaksi yang mendukung hingga akhirnya perlahan-lahan mereka percaya," jelasnya.

Kesuksesannya itulah yang turut mengantarkan Omang jadi agen BRILink berprestasi. Dia berhasil memenangkan berbagai penghargaan.

Di antaranya Program Super Agen BRILink 2017 yang berhadiah emas 12 gram, TV 42 inch, dan TV 32 inch. Lalu Program THR Agen BRILink 2017 yang berhadiah TV 32 inch dan kulkas 2 pintu, serta memenangkan Program THR Agen BRILink 2018 yang berhadiah 10 gram emas.

Tentu semua itu bukan suatu kebetulan semata. Namun, sebagai hasil manis dari kerja keras serta keuletan yang selama ini telah dijalani Omang. Tidak ketinggalan pula, pelayanan terbaik yang dia berikan kepada masyarakat.

"Tak kalan penting, pelayanan kepada masyarakat juga harus dilakukan dengan tulus dan sepenuh hati," pungkasnya.

Baca juga: Mengenal BRILink, Program Keagenan dari Bank BRI

Related

Business 8297161111239209819
item