Perlu Tahu, Ini Penyebab Nyamuk Berbahaya Bagi Manusia

Perlu Tahu, Ini Penyebab Nyamuk Berbahaya Bagi Manusia

Naviri Magazine - Nyamuk betina adalah pengisap darah, dan kenyataan itu saja sudah cukup mengganggu manusia, karena dapat menyebabkan gatal-gatal dan bentol. Namun yang berbahaya bagi manusia adalah bibit penyakit yang mungkin ada dalam air liurnya.

Di daerah yang memiliki suhu hangat, nyamuk selalu dikhawatirkan membawa kuman penyebab malaria. Penyakit itu mempengaruhi sebagian besar wilayah dunia, dan membuat manusia menjadi sangat lemah bahkan sakit.

Bagaimana larva nyamuk mendapatkan makanan?

Larva nyamuk mendapatkan makanan dengan cara yang menakjubkan. Mereka membuat pusaran kecil dalam air, dengan menggunakan bagian ujung tubuh mereka yang ditumbuhi bulu, sehingga mirip kipas.

Pusaran air itu menyebabkan bakteri dan mikro-organisme lain tersedot dan masuk ke dalam mulut larva nyamuk. Proses pernapasan larva, yang posisinya terbalik di bawah permukaan air, terjadi melalui sebuah pipa udara yang mirip snorkel (pipa saluran pernapasan yang biasa digunakan para penyelam).

Selain itu, tubuh larva juga mengeluarkan cairan kental yang mampu mencegah air memasuki lubang tempat berlangsungnya pernapasan, sehingga mereka dapat terus bernapas dengan mudah.

Baca juga: Ternyata, Unta Menyimpan Cadangan Air Bukan di Punuknya

Related

Science 19344416627473994

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item