Mengenali Macam-macam Penyebab Timbulnya Nyeri Dada

Mengenali Macam-macam Penyebab Timbulnya Nyeri Dada

Naviri Magazine - Nyeri dada bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis.

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan mengonsumsi antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru, biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan terjadi di daerah dada dan ulu hati, biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan, terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut Angina.

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

Baca juga: Benarkah Rokok Herbal Tidak Berbahaya? Ini Jawaban Peneliti

Related

Health 7344200324633640530

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item