Perbedaan Nyeri Dada karena Masalah Jantung dan Masalah Lambung

Perbedaan Nyeri Dada karena Masalah Jantung dan Masalah Lambung

Naviri Magazine - Masalah jantung atau masalah lambung sama-sama memunculkan gejala yang bisa dibilang mirip atau hampir sama. Yaitu munculnya rasa nyeri atau sesak di dada.

Meski sekilas terasa mirip, sebenarnya terdapat perbedaan antara nyeri dada akibat serangan jantung, dan nyeri dada karena gejala asam lambung. Gejala nyeri dada adalah salah satu alasan paling umum seseorang pergi ke Unit Gawat Darurat. Pasalnya, ini memang merupakan salah satu ciri serangan jantung yang harus ditangani sesegera mungkin.

Namun, dari seluruh jumlah pasien dengan keluhan sakit dada yang masuk ke UGD, beberapa di antaranya sebenarnya mengalami heartburn. Memang, agak sulit membedakan rasa sakit yang disebabkan oleh serangan jantung dengan heartburn. Ini yang sering membuat penderita asam lambung tinggi merasa panik saat merasa heartburn.

Agar tak salah perkiraan, sebaiknya ketahui perbedaan gejala asam lambung dan sakit jantung, yang dilansir webMD berikut ini. Berikut adalah gejala khas dari keluhan asam lambung.

1. Ada sensasi terbakar yang tajam di bawah tulang dada atau tulang rusuk.

2. Sesak atau sakit ulu hati pada penderita asam lambung umumnya tidak menyebar ke bahu, leher, atau lengan. Meski pada beberapa pasien juga bisa terjadi.

3. Nyeri di bawah tulang dada biasanya datang setelah makan, ketika berbaring, saat berolah raga, atau saat mengalami kecemasan.

4. Gejala asam lambung naik akan langsung mereda setelah minum obat antacid.

5. Jarang disertai dengan keringat dingin.

Sementara gejala angina alias nyeri dada yang parah atau bisa juga disebut gejala serangan jantung, meliputi:

1. Sesak napas.

2. Ada rasa sesak dan tekanan hingga nyeri, umumnya terasa di tengah dada. Rasanya seperti ikat pinggang dipasangkan dengan sangat ketat di sekeliling dada.

3. Nyeri di dada datang secara mendadak, atau disertai tekanan yang semakin lama terasa semakin memburuk.

4. Pusing.

5. Nyeri bisa menyebar ke bahu, leher, rahang, atau lengan.

6. Nyeri kemudian reda setelah diberi nitrogliserin.

7. Sering disertai keringat dingin.

Baca juga: Waspada, Sekarang Penyakit Jantung Juga Menyerang Anak Muda

Related

Health 1126827794734407551

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item