Bagaimana Pisau yang Dilempar Bisa Tepat Mengenai Sasaran?

Bagaimana Pisau yang Dilempar Bisa Tepat Mengenai Sasaran?

Naviri Magazine - Dalam atraksi-atraksi sulap atau semacamnya, kita tentu pernah menyaksikan seseorang melemparkan pisau atau benda lain, dan pisau itu kemudian menancap tepat pada sasaran. Keterampilan semacam itu tentu tidak hanya butuh latihan yang keras, tapi juga ketekunan dan perhitungan matang. Pasalnya, tidak setiap orang mampu melakukannya.

Mike Janich, seorang pakar pertahanan diri, menjelaskan bahwa pisau yang dilempar akan membuat gerakan berputar ke arah target yang disasar.

Janich mengatakan bahwa putaran itu bisa tercipta ketika pelempar memegang bagian paling ringan dari benda saat melempar. Bagian tersebut, lanjutnya, akan membuat pisau berputar sesuai dengan dinamika keseimbangan hingga mengenai sasaran.

Dinamika keseimbangan yang dimaksud Janich dipahami sebagai center of gravity. Ketika pisau dilepaskan, ia akan terbang mengikuti lintasan lingkaran yang dibentuk oleh gerakan sendi bahu sang pelempar. Knifethrowing.info menjelaskan bahwa pisau tersebut lantas akan berputar di sekitar center of gravity atau titik pusat massa saat ada di udara.

Titik pusat massa adalah lokasi rerata massa sebuah benda, dan menjadi titik seimbang serta putar benda tersebut. Dalam hal ini, menurut Marinas, jika seseorang memegang pisau jauh dari pusat massa, maka akan membuat pisau terlempar dengan putaran lebih cepat. Sebaliknya, semakin dekat jarak jari pelempar dengan pusat massa, putaran pisau semakin lambat saat dilempar.

Masih menurut knifethrowing.info, titik keseimbangan pisau bisa ditemukan dengan cara menaruhnya di atas jari tengah. Pisau yang dibuat dengan pusat massa yang jelas akan menghasilkan lintasan lingkaran saat dilempar.

Sebaliknya, pelempar yang menggunakan pisau dengan pusat massa yang tak seimbang dengan gagang yang berat akan menghasilkan putaran yang berbeda, dan susah ditebak saat ada di udara. Agar lemparan pisau mengenai sasaran, seseorang bisa melempar pisau yang tak seimbang itu dengan memegang bagian paling ringan.

Baca juga: David Adamovich, Pelempar Pisau Tercepat dan Terakurat di Dunia

Related

Science 4102220351124329173
item