Prosedur dan Tata Cara Mengikuti Sidang Tilang di Pengadilan

Prosedur dan Tata Cara Mengikuti Sidang Tilang di Pengadilan

Naviri Magazine - Saat berkendara di jalan raya, sebaiknya pastikan membawa perlengkapan surat-surat secara lengkap. Agar jika di tengah jalan ada operasi lalu lintas, perjalananmu tidak terganggu dan tidak harus repot mengurus tilang.

Lalu bagaimana kalau kebetulan kita kena tilang di jalan, karena lupa membawa SIM atau STNK? Maka kita akan dapat surat tilang, dan SIM atau STNK yang kita bawa akan disita. Nantinya, kita akan diminta ikut sidang, sekalian mengambil berkas yang disita, setelah membayar denda.

Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan, jika mengikuti sidang tilang di pengadilan negeri:

Datang ke Pengadilan Negeri sesuai jadwal

Saat ditilang, kamu akan menerima surat tilang berwarna biru atau merah. Dalam surat tersebut ada nomor tilang dan jadwal yang tertera. Ingat, kamu harus datang sesuai jadwal, tidak boleh dimajukan atau diundur.

Selain itu, kamu harus datang ke pengadilan negeri sesuai dengan tempat dimana kamu ditilang. Sebagai contoh, jika kamu ditilang di Kota Semarang, kamu harus datang ke Pengadilan Negeri Semarang, meskipun KTP kamu luar wilayah Semarang, misalnya.

Ambil nomor antrian

Setelah mengetahui nomor tilangmu, kamu akan mendapat nomor antrian untuk masuk ke ruang sidang. Jika sudah mendapat nomor, diharapkan untuk menunggu di depan ruang sidang, dan tidak pergi kemana-mana. Karena proses sidang tilang sangat cepat, dan jika kamu terlambat bisa kena semprot petugas.

Mengikuti sidang

Jangan heran jika saat masuk ruang sidang kamu akan bersama banyak orang. Karena sidang tilang biasanya sehari bisa mencapai ratusan orang, jadi untuk menghemat waktu, hakim akan memamnggil 10-20 orang sekaligus.

Di sana, kamu akan diberitahu pelanggaranmu sesuai urutan. Kamu hanya perlu menjawab “Ya” atau “Baik pak, tidak akan saya ulangi lagi.”

Bayar denda di kasir dan ambil STNK

Setelah proses sidang selesai, kamu akan diarahkan menuju kasir untuk membayar denda. Besarnya denda relatif tergantung pelanggaran kamu.

Nah cukup mudah kan, proses sidang tilang di Pengadilan Negeri? Jadi buat kamu yang kena tilang, jangan lagi membayar di tempat yang ilegal, ikutilah prosedur yang baik dan benar. Namun, tetap saja, yang paling penting jangan pernah melanggar aturan lalu lintas agar tidak terkena tilang.

Baca juga: Mengapa Kena Tilang di Jalan Harus Mengurus ke Kejaksaan?

Related

Tips 2554667021331915326
item