Rafflesia Arnoldii, Bunga Langka dan Terbesar di Dunia

Rafflesia Arnoldii, Bunga Langka dan Terbesar di Dunia

Naviri Magazine - Bunga besar yang langka ini mendapat perhatian luar biasa di dunia. Ukuran bunganya dapat mencapai 1 meter, dengan berat mencapai 8 kg sampai 12 kg. Bunga ini dapat mekar selama tiga hari sampai satu minggu. Sayangnya, dari hasil penyerbukan tersebut, hanya 10–20 persen yang berhasil tumbuh.

Penamaan bunga raksasa ini tidak terlepas oleh sejarah penemuannya pertama kali pada tahun 1818, di hutan tropis Sumatera. Seorang pemandu yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold, yang menemukan bunga raksasa ini pertama kali.

Dr. Joseph Arnold saat itu tengah mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles. Jadi penamaan bunga Rafflesia arnoldii didasarkan dari gabungan nama Thomas Stamford Raffles sebagai pemimpin ekspedisi, dan Dr. Joseph Arnold sebagai penemu bunga.
         
Rafflesia Arnoldi, sebagaimana jenis Rafflesia lainnya, merupakan tumbuhan parasit obligat. Ia tumbuh di dalam batang liana (tumbuhan merambat) dari genus Tetrastigma. Rafflesia arnoldii tidak memiliki daun, sehingga tidak mampu berfotosintesis sendiri. Nutrisi yang dibutuhkan bunga ini diambil dari pohon inangnya.

Selain tidak memiliki daun, bunga yang ditetapkan sebagai flora identitas provinsi Bengkulu, dan sebagai puspa langka (satu dari tiga bunga nasional) Indonesia ini, juga tidak memiliki batang maupun akar. Praktis bagian tanaman Rafflesia Arnoldi yang tampak hanyalah bunganya saja, yang berkembang dalam kurun waktu tertentu.
         
Rafflesia Arnoldi (Rafflesia arnoldii) memiliki bunga yang melebar dengan 5 mahkota. Saat mekar, diameter bunga ini dapat mencapai antara 70-110 cm dengan tinggi mencapai 50 cm, dan berat mencapai 11 kg.

Di dasar bunga di bagian tengah berbentuk gentong, terdapat benang sari atau putik, tergantung jenis kelamin bunga. Keberadaan putik dan benang sari yang tidak dalam satu rumah membuat persentase keberhasilan pembuahan yang dibantu oleh serangga lalat sangat kecil, karena belum tentu dua bunga berbeda kelamin tumbuh dalam waktu bersamaan di tempat yang berdekatan.

Masa pertumbuhan bunga ini memakan waktu sampai 9 bulan, tetapi masa mekarnya hanya 5-7 hari. Setelah itu, rafflesia akan layu dan mati.


Related

World's Fact 4603668768109286218

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item