Mengapa Rusa Kutub Mengikuti Jejak Kaki Rusa Lainnya?

 Mengapa Rusa Kutub Mengikuti Jejak Kaki Rusa Lainnya?

Naviri Magazine - Dalam migrasinya, rusa kutub menempuh perjalanan sepanjang 2.000 kilometer setiap tahun. Untuk menghemat energi dalam perjalanan tersebut, masing-masing rusa kutub akan menapaki kembali jejak kaki rusa yang ada di depannya, sehingga tidak harus membuat jejak kaki baru di atas salju yang tebal.

Beberapa hewan yang kuat dapat bertahan hidup di dataran tinggi Arktik sepanjang tahun. Namun, beberapa hewan lain, termasuk rusa kutub, hanya berkunjung ke sana pada musim panas yang hangat.

Pada musim panas tersebut, kawanan rusa kutub akan menghabiskan waktu hingga berbulan-bulan dengan memakan tumbuh-tumbuhan kecil di daerah tundra (daratan tidak berpohon di ujung laut Arktik).

Ketika musim gugur datang, mereka akan melakukan perjalanan ke selatan, untuk menetap selama musim dingin di hutan yang disebut taiga. Setiap tahun, rusa kutub melakukan perjalanan yang sama, dengan mengikuti rute yang sama pula. Karena itulah, jejak-jejak kaki mereka (atau kawan mereka) sebelumnya dapat diikuti tanpa harus membuat jejak kaki baru.

Baca juga: Mengapa Bulu Beruang Kutub Berwarna Bening?

Related

Science 4401825341472558577

Recent

item