Sejarah dan Asal Usul Lahirnya Plastik di Dunia

Sejarah dan Asal Usul Lahirnya Plastik di Dunia

Naviri Magazine - Pada 1910, Leo Hendrik Baekeland, seorang ahli kimia warga Amerika berkebangsaan Belgia, menemukan plastik tahan panas yang kemudian dinamai Bakelit, yang penamaannya diambil dari nama Baekeland.

Ia memulai penelitiannya untuk dapat menghasilkan plastik yang tahan panas tersebut sejak tahun 1905, di Yonkers, New York.

Baekeland mereaksikan dua jenis bahan kimia, yaitu formaldehida (H2CO), sejenis bahan pengawet, dan fenol (C6H5OH), sejenis bahan pembasmi kuman. Hasilnya adalah suatu bahan baru yang dapat dibengkokkan, dipilin, dan dibuat berbagai bentuk. Ia menamainya bakelite (bakelit)—yang menjadi cikal bakal plastik sebagaimana kita kenal sekarang.

Tahun 1910, Baekeland mendirikan pabrik plastik sekaligus menjadi direktur utamanya, dan Bakelit atau plastik tahan panas itu pun mulai diperkenalkan kepada masyarakat umum. Sejak saat itulah abad plastik dimulai di muka bumi.

Sebenarnya, plastik telah ditemukan sebelumnya oleh John Wesley Hyatt, seorang ilmuwan AS, pada 24 Juli 1868. Penemuan Hyatt itu terjadi dalam sebuah perlombaan ilmiah yang dibuat oleh sebuah lembaga di AS. Panitia lomba waktu itu meminta para peserta untuk menciptakan benda baru yang murah sekaligus ringan yang ditujukan untuk alat-alat permainan.

Pada waktu itulah Hyatt mengajukan hasil penemuannya berupa plastik, hingga ia diputuskan sebagai pemenang lomba. Namun, plastik temuan Hyatt tersebut masih kaku dan tidak tahan panas, sehingga penggunaannya pun kurang fleksibel.

Sejak digunakan pada abad ke-20, plastik berkembang secara luar biasa dari hanya beberapa ratus ton pada tahun 1930-an, menjadi 150 juta ton/tahun pada tahun 1990-an, dan 220 juta ton/tahun pada tahun 2005. Saat ini, penggunaan material plastik di negara-negara Eropa Barat mencapai 60 kilogram/orang/tahun, sementara di Amerika Serikat mencapai 80 kilogram/orang/tahun.

Baekeland meninggal dunia pada tanggal 23 Februari 1944 di Beacon, New York, AS, dalam usia 81 tahun.


Related

Technology 6652501086885321137

Recent

item