Fakta Menarik dan Mencengangkan Seputar Seks Laba-laba

Fakta Menarik dan Mencengangkan Seputar Seks Laba-laba

Naviri Magazine - Tahu tidak, ketika laba-laba jantan dan laba-laba betina selesai kawin, laba-laba jantan akan menanggalkan palp atau organ seksnya pada organ reproduksi laba-laba betina. Hal itu secara khas dilakukan laba-laba jenis Nephila pilipes, yang sempat diteliti Matjaz Kuntnerdari, dari Smithsonian National Museum of Natural History.

Laba-laba jantan itu sengaja meninggalkan organ seksnya menyumbat saluran reproduksi pasangannya, sebagai salah satu bentuk kompetisi. Si pejantan tidak akan membiarkan pejantan lain mengawini betina yang telah dikawininya lebih dulu.

Yang unik, laba-laba betina juga memiliki trik tersendiri dalam menolak hubungan seks dengan laba-laba jantan mana pun yang tak diinginkan.

Memanfaatkan sumbatan pada organ reproduksinya sebagai ciri bahwa dia tidak bisa diajak kawin, laba-laba betina kadang sengaja menyumbat organ reproduksinya sendiri dengan tujuan menolak ajakan kawin laba-laba jantan.

Sumbat yang sengaja dibuat laba-laba betina itu bukan sumbat karena aktivitas perkawinan, melainkan terbentuk dari sebuah cairan merah yang kemudian sedikit mengeras.

Pembentukan terjadi selama proses peletakan telur. Menurut para peneliti, pembentukan sumbat itu berkaitan dengan penolakan terhadap seks. Laba-laba betina tidak menginginkan seks yang berlebihan.

Baca juga: Loch Ness, Monster Mengerikan Penghuni Danau Skotlandia

Related

Science 5424560911862040666

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item