Stan Lee, Tokoh Penting di Balik Para Superhero Marvel

Stan Lee, Tokoh Penting di Balik Para Superhero Marvel

Naviri Magazine - Marvel punya banyak tokoh superhero, dari Iron Man, Spider-Man, Fantastic Four, Hulk, dan lain-lain. Semua tokoh itu adalah hasil kreasi seorang pria nyentrik bernama Stan Lee, yang meninggal pada 12 November 2018, di di Rumah Sakit Cedars-Sinai, Los Angeles, di usia 95 tahun.

Kabar kematian ini dikonfirmasi oleh Kirk Schenck, kuasa hukum anak perempuan Lee, J.C. Lee, seperti diberitakan AP. Namun, tak merinci penyebab kematian Stan Lee.

Stan Lee, yang semasa hidupnya dikenal berduet dengan Jack Kirby dan Steve Ditko, telah merevitalisasi industri komik dengan karakter-karakter superhero yang mereka ciptakan. Karena perannya itulah, Lee juga dikenal sebagai arsitek komik kontemporer.

Di tahun 1960-an, ia menawarkan aksi dan kostum yang menyasar pembaca muda, tapi tak meninggalkan plot cerita yang tak biasa, dialog yang bernas, satir, efek fiksi ilmiah, dan bahkan ada filosofi dalam karyanya.

Lee sebagai penulis dan sekaligus editor juga tetap mampu mempertahankan cerita tetap mulus, bahkan membuat tokoh superhero yang diciptakan bisa beririsan di satu plot cerita. Misal Iron Man bisa bergabung dengan Fantastic Four, dan Captain America bisa dalam satu plot dengan Doctor Strange.

Dunia komik Marvel yang dia ciptakan memiliki pasar sendiri, hingga melebarkan sayap ke adaptasi serial TV, bahkan hingga film, dan mengubah wajah budaya populer saat ini.

Baca juga: Daftar Lengkap Cameo Stan Lee dalam Film-film Marvel 

Related

Entertaintment 1770119232882762295
item