Triceratops, Hewan Purba Mirip Badak yang Sangat Mengerikan

Triceratops, Hewan Purba Mirip Badak yang Sangat Mengerikan

Naviri Magazine - Dalam bahasa Yunani, Triceratops berarti muka bertanduk tiga. Ia hidup di akhir zaman Cretaceous, atau 68 juta tahun yang lalu.

Triceratops dapat tumbuh setinggi 3 meter, dengan panjang 9 meter, dan bobot seberat 12 ton. Ia memiliki dua buah cula sepanjang satu meter di atas matanya, dan satu cula lagi yang lebih pendek di bagian atas hidungnya.

Yang membedakan hewan ini dari hewan prasejarah lain adalah tulang tengkoraknya yang mampu berkembang hingga sepanjang 2 meter—hampir sepertiga panjang tubuhnya.

Hewan ini diperkirakan hidup secara individual, tidak berkelompok, dan memakan tumbuh-tumbuhan, sementara tanduk yang dimilikinya hanya berfungsi sebagai wujud kedudukannya atas triceratops lain. Fosilnya ditemukan di Benua Amerika, dan menjadi objek penelitian yang cukup digemari para ilmuwan karena banyaknya fosil yang ditemukan.

Selain fosilnya banyak ditemukan, hewan ini juga dianggap unik, karena memiliki tiga tanduk. Wujudnya yang unik pun menjadikannya sebagai salah satu ikon terkenal hewan prasejarah yang mudah dikenali.

Baca juga: Mammoth, Nenek Moyang Gajah yang Hidup di Zaman Purba

Related

Science 2642985651764476550

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item