Unta, Hewan yang Banyak Minum tapi Sedikit Buang Air

Unta, Hewan yang Banyak Minum tapi Sedikit Buang Air

Naviri Magazine - Bagaimana efisiensi unta dalam menghemat air? Tubuh unta memang telah dirancang untuk hidup di tempat yang kering, sehingga tubuh mereka pun mampu menghemat air dengan cara sederhana namun efektif—suatu mekanisme yang tidak dijumpai pada hewan lain.

Ketika mereka buang air (kencing), misalnya, urin unta sangat sedikit mengandung air, sehingga urin mereka berwarna pucat serta kental seperti sirup.

Selain itu, kotoran unta juga hampir sepenuhnya kering, dan tidak mengandung air sedikit pun. Sebegitu keringnya, sampai kotoran unta dapat digunakan langsung sebagai bahan bakar pembuat api. Sebagai perbandingan, kotoran manusia rata-rata mengandung 75 persen air.

Berapa punuk yang dimiliki unta?

Ada dua jenis unta yang berbeda. Unta dromedary yang berasal dari Arab hanya memiliki satu punuk. Unta jenis itu dapat ditemukan di Arab dan di Afrika Utara. Sedangkan jenis unta bactrian dari gurun Gobi dan daerah kering lainnya memiliki dua punuk, selain bulu yang tebal.

Baca juga: Cara Hewan-hewan Berdarah Dingin Beradaptasi dengan Panas

Related

Science 5865110535638141840

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item