Di China, Urusan Pemakaman Bisa Menghabiskan Ratusan Juta

Di China, Urusan Pemakaman Bisa Menghabiskan Ratusan Juta

Naviri Magazine - China adalah negara besar dengan populasi yang sama besar. Karena tingginya populasi di sana, pemerintah China pun kemudian memberlakukan aturan yang dikenal sebagai Kebijakan Satu Anak. Kebijakan itu dimaksudkan untuk mengendalikan populasi, sehingga masing-masing pasangan hanya bisa memiliki satu anak.

Kebijakan Satu Anak kemudian menyebabkan angka kelahiran anak di China hanya 1,5-1,6 anak per perempuan. Saban tahun 'hanya' terjadi 16 juta kelahiran di China. Sementara angka kematian lebih dari 9 juta orang per tahun.

Laporan Tahunan Development of the Cause of Ageing yang terbaru, mendapati bahwa populasi orang tua mencapai 202 juta orang atau 14,8 persen dari total populasi China.

“Kami tidak mengatakan ini ledakan kematian,” kata Wang Jisheng, Managing Director Fu Shou Yuan, perusahaan jasa kematian dan pemakaman yang terkenal di China.

Jisheng bilang, tak bisa dipungkiri bahwa akan tiba saatnya orang-orang tua itu wafat. “Ketika mereka meninggalkan dunia ini, mereka berharap akan terus diingat, dan itu menjadi urusan kami untuk menyajikan pelayanan yang terbaik,” ujarnya.

Tapi sasaran Fu Shou adalah orang-orang berduit. Perusahaan ini memang menerapkan harga yang lebih tinggi ketimbang penyedia jasa urusan pemakaman lainnya di negeri Tirai Bambu. Meski begitu, peminatnya banyak.

Harga untuk pemakaman cara orang kaya memang bikin geleng-geleng kepala. Untuk satu paket pemakaman, ada yang sampai menelan biaya lebih dari US$ 83 ribu atau lebih dari Rp 830 juta.

Harga tanah makam memang kelewat mahal di sana. Menurut China Daily, makam termahal di Beijing berharga lebih dari US$ 32 ribu per meter persegi. Ada lagi media yang melansir angkanya antara US$ 60 ribu-US$ 70 ribu per meter persegi.

Tapi apa saja jasa yang didapatkan oleh pengguna jasa pemakaman semahal itu?

Pelayanan perusahaan pemakaman umumnya menyeluruh, mulai dari lahan pekuburan, batu kubur atau nisan, arca orang yang meninggal, sampai jasa pembuatan karangan bunga. Batu kubur tersedia mulai dari batu biasa sampai granit mahal. Arcanya pun bisa dari batu atau perunggu.

Untuk makamnya, tersedia dari yang minimalis, sampai makam yang dibangun seperti taman, dengan berbagai tanaman bunga yang indah. Paket pemakaman juga bisa termasuk jamuan makan prasmanan pada saat acara pemakaman.

Selain itu, tersedia juga rumah persemayaman abu jenazah. Isinya bisa berupa rak-rak saja, atau, untuk yang berduit, abu jenazah bisa disimpan dalam 'kamar' khusus yang agak lebih besar ketimbang rak.

Keluarga bisa meletakkan barang apa saja di dalam 'kamar' itu, yakni segala sesuatu yang dianggap bisa menjadi bekal mereka di alam setelah kematian. Mulai dari sekadar makanan kecil seperti cokelat, album-album foto, bahkan sampai ponsel. Kamar-kamar itu bisa dibuka-tutup dengan kunci elektronik, seperti di hotel.

Baca juga: Bagi Orang Kaya-Raya, Mati pun Harus Tetap Tampak Kaya

Related

World's Fact 5986616520753268107
item