Velociraptor, Monster Mematikan dari Zaman Prasejarah

Velociraptor, Monster Mematikan dari Zaman Prasejarah

Naviri Magazine - Velociraptor berarti “pencuri berkecepatan tinggi”. Ini salah satu hewan prasejarah yang amat terkenal, hingga biasa disebut dengan nama pendek “raptor”. Ia hidup pada akhir zaman Cretaceous, dan menjadikan hewan-hewan berukuran kecil sebagai makanannya.

Velociraptor memiliki panjang 2 meter, tinggi 1 meter, dan berat 50 kilogram. Ia memiliki 30 gigi yang panjang dan tajam, paruh yang datar, serta leher yang membentuk seperti huruf “S”.

Predator ini dapat bergerak dengan cepat menggunakan kedua tungkainya yang berukuran kecil namun kuat, sehingga memiliki karakteristik yang hampir sama dengan cheetah di masa kini. Raptor mampu berlari hingga kecepatan 40 mil per jam.

Yang mengagumkan dari hewan ini bukan hanya kekuatan dan kecepatan tungkainya saat berlari, namun juga kapasitas otaknya yang diperkirakan memiliki kemampuan yang sama dengan simpanse, sehingga mampu berkomunikasi dengan sesama raptor melalui suara-suara yang spesifik.

Kemampuan itu pula yang mungkin menjadikan raptor sering kali berburu dalam kelompok yang terdiri dari 3 sampai 10 ekor raptor.

Fosil Velociraptor ditemukan di Rusia, Mongolia, dan Cina.

Baca juga: Pterodactyl, Kadal Raksasa Bersayap dari Zaman Kuno

Related

Science 1383904444075776843

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item