Misteri Keberadaan Wujud Kehidupan Lain di Alam Semesta

 Misteri Keberadaan Wujud Kehidupan Lain di Alam Semesta

Naviri Magazine - Meski astronomi, sebagai ilmu pengetahuan, telah mengalami banyak kemajuan pesat dan membuat banyak terobosan sangat besar dalam upaya memahami alam semesta dan segala isinya, namun masih ada beberapa pertanyaan penting yang belum bisa terjawab. Salah satunya adalah pertanyaan di atas, yaitu adakah wujud kehidupan lain di alam semesta?

Sampai saat ini, pertanyaan itu belum memperoleh jawaban pasti. Adakah wujud kehidupan cerdas lain di luar Bumi, di alam semesta? Kalau memang ada kehidupan lain di luar Bumi, maka implikasinya—secara ilmiah maupun filosofis—sangat penting. Selain itu, jika memang ada kehidupan lain, apakah tata surya kita termasuk normal ataukah tak biasa (abnormal)?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, sepertinya masih diperlukan pembangunan berbagai peralatan baru, baik di permukaan Bumi maupun di antariksa. Selain itu, mungkin pula diperlukan perkembangan baru dalam fisika teoretis dan eksperimental.

Selain pertanyaan-pertanyaan di atas, masih ada cukup banyak pertanyaan lain dalam bidang astronomi yang masih belum terpecahkan.

Misalnya, apa yang menyebabkan terbentuknya alam semesta? Apakah premis yang melandasi hipotesis “alam semesta tertata dengan baik” memang tepat? Bagaimana galaksi-galaksi pertama terbentuk? Bagaimana lubang-lubang hitam supermasif terbentuk? Dan beberapa pertanyaan penting lainnya.

Mungkin masih dibutuhkan waktu bertahun-tahun mendatang untuk bisa memastikan jawabannya.

Baca juga: Misteri Dark Matter, Wujud Tak Terlihat yang Menjaga Dunia 

Related

Science 8590941645068613774

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item