Agar Mobil Awet dan Bersih, Kolong Mobil Juga Perlu Dirawat

Agar Mobil Awet dan Bersih, Kolong Mobil Juga Perlu Dirawat

Naviri Magazine - Kalau bicara soal cuci mobil, yang terbayang di benak kita mungkin hanya sekadar cuci bodi mobil. Asal terlihat dari luar bersih, sepertinya sudah cukup. Atau bisa pula cuci bagian luar dan bagian dalam mobil. Yang sering terlewat dalam urusan pembersihan mobil adalah perawatan pada bagian mesin dan kolong mobil.

Tak cuma bodi atau interior, kolong mobil atau undercarriage juga butuh perawatan khusus. Selain membuatnya aman dari zat atau material yang bersifat karat dan korosi, perawatan kolong mobil juga tentu membuatnya sedap dipandang.

"Kalau kegunaan (detailing kolong mobil) sebenarnya kebersihan saja sama good looking. Seumpama lihat kolong mobil bersih, kan enak dilihatnya. Begitu orang lihat kolong mobil bersih, pasti ngira mobil baru, padahal enggak," jelas Tommy, punggawa jasa autodetailing Dress Up.

Workshop-nya, yang berada di bilangan Bintaro, selain menyediakan jasa detailing bodi, juga menyediakan perawatan khusus salon kolong mobil.

Pengerjaannya dimulai dari mencopot keempat ban, kemudian menyemprotkan air bertekanan ke bagian-bagian kolong, termasuk gardan, cakram, shockbreaker, as roda, stabilizer, dan lainnya, untuk melepas kotoran yang sudah terakumulasi sekian tahun.

Tommy menjelaskan, tidak semua kotoran turun setelah disemprot air, masih ada sisa kotoran lain yang menempel dan harus dibersihkan dengan degreaser, semacam pembersih yang mampu melarutkan kotoran berminyak.

"Setelah semprot air, kami semprot lagi pakai degreaser atau peluncur lemak. Jadi biasanya setelah mobil nginjek oli atau uap oli yang tercampur debu, itu akan nempel enggak cukup pakai air. Habis itu tunggu 5 sampai 10 menit. disemprot air lagi. Kalau masih ada yang belum bersih, disikatin pakai sabun, lalu bilas," ujarnya.

Bicara total lama pengerjaan, Tommy mengungkapkan tergantung ukuran mobilnya.

"Beda ya, cuci biasa sama salon kolong mobil. Kalau cuci biasa enggak sampai lepas ban sama semprot degreaser. Kalau mobil kecil kaya Honda Jazz, itu bisa 3 jam. Yang lama itu kaya SUV, bisa sampai 4 jam," tambahnya.

Soal ongkos pengerjaan juga berdasarkan dimensi mobil. Untuk mobil city car, hatchback, atau yang tergolong kecil, dibanderol Rp 600 ribu. Kemudian untuk ukuran medium seperti LMPV atau LSUV, dihargai Rp 800 ribu. Lalu ukuran mobil yang besar alias large, yang mencakup SUV, seharga Rp 1 juta. Terakhir, kategori extra large seperti mobil Hummer atau Land Cruiser, dihargai Rp 1,2 juta.

Saran Tommy, detailing kolong mobil tidak harus sesering mungkin. Menurutnya, cuci kolong biasa saja sudah cukup.

"Detailing kolong tergantung kebutuhan, seperti saat general check up saja 6 bulan sekali, dilihat perlu atau enggak. Kalau umpama 3 bulan sering keluar kota dan hujan, itu cukup cuci dan sikat saja, enggak perlu lepas ban," tutup Tommy.

Baca juga: Penyebab Cat Mobil Cepat Kusam, dan Cara Mencengahnya

Related

Automotive 8067353237992231862

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item