Mengenal Arthur Wynne, Sang Pencipta Teka-Teki Silang

Mengenal Arthur Wynne, Sang Pencipta Teka-Teki Silang

Naviri Magazine - Banyak orang mengenal teka-teki silang, namun mungkin belum banyak orang yang mengenal penciptanya. Teka-teki silang diciptakan oleh Arthur Wayne. Atau, setidaknya, dia diangap sebagai orang yang memutakhirkan teka-teki silang, hingga sangat populer seperti yang kita kenal sekarang. Arthur Wayne mengenalkan teka-teki silang ke dunia melalui koran tempatnya bekerja.

Arthur Wayne lahir pada 22 Juni 1871 dan saat masih kanak dibawa migrasi oleh orang tuanya ke Pittsburgh, Pennsylvania, AS. Ketika mulai beranjak dewasa, Arthur sangat hobi bermain biola, hingga akhirnya bergabung dengan Pittsburgh Symphony Orchestra.

Selain biola, Wayne juga tertarik pada dunia jurnalistik. Ia memulai kariernya di bidang tersebut dengan menjadi pekerja di koran lokal Pittsburgh Press. Beranjak dari Pittsburgh, Wayne kemudian pindah ke Cedar Grove, New Jersey, lalu bekerja di koran New York World. Di koran inilah Wayne menemukan permainan teka-teki silang.

Sebermula diminta oleh redaktur untuk membuat sebuah permainan ringan yang bertujuan untuk menghibur pembaca di akhir pekan, Wayne mempelajari format permainan kuno bernama Pompeii—dalam bahasa inggris disebut “Magic Square”.

Dengan mengadopsi permainan tersebut, Wayne menemukan teka-teki silang. Redakturnya tertarik, sehingga permainan itu dimuat di halaman “entertainment”. Hingga kini, Wayne dinobatkan sebagai Bapak Teka-Teki Silang dunia.

Sepanjang periode usai Wayne menemukan permainan itu, teka-teki silang secara perlahan mengalami berbagai perubahan bentuk, hingga seperti yang dikenal sekarang. Permainan ini pun melanglang buana menyeberangi Atlantik, menaklukkan Eropa, lalu dikenal di seluruh dunia.

Baca juga: Michael Dell, Jadi Miliuner dengan Jualan Komputer dari Kamar

Related

Figures 3649527913988786951

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item