Sejarah dan Asal Usul Menara Eiffel di Paris Prancis

Sejarah dan Asal Usul Menara Eiffel di Paris Prancis

Naviri Magazine - Menara Eiffel telah menjadi ikon Prancis, khususnya kota Paris. Setiap orang yang datang ke Paris pasti ingin melihat Menara Eiffel, dan biasanya juga berfoto-foto di depan menara terkenal tersebut. Bagaimana sebenarnya sejarah dan asal usul Menara Eiffel di Paris?

Menara Eiffel dibangun dalam rangka pekan pameran dunia dan perayaan Revolusi Perancis. Menara dengan bendera berkibar di puncaknya diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889. Meskipun ada kecaman dan protes yang keras dari penduduk Paris dan kalangan intelektual selama dibangun, kerangka besi itu kini menjadi simbol kota Paris dan menarik lebih dari 6 juta pengunjung setiap tahun.

Pemimpin proyek itu adalah Gustave Eiffel, dibantu oleh para insinyur, Maurice Koechlin dan Emile Nouguier, serta Stephen Sauvestre sebagai arsitek.

Rencana proyek dimulai tahun 1884. Meskipun ada beberapa halangan, pembangunan menara yang dimulai pada 1887 itu selesai 26 bulan kemudian, pada tahun 1889.

Direncanakan, menara ini akan dirobohkan setelah berlangsungnya pekan pameran dunia 1900. Akan tetapi, keberhasilan percobaan transmisi radio yang dikendalikan angkatan bersenjata Perancis sebelum hari pemugaran akhirnya menyelamatkan Menara Eiffel.

Bahan yang digunakan untuk membuat Menara Eiffel adalah besi baja, yang dikaitkan dengan bentuk persilangan dari 18.038 biji, diperkuat dengan 2.500.000 paku. Kerangka karya Gustave Eiffel ini tahan angin, dan. walaupun bahannya dari besi, berat menara hanya 7.300 ton.

Tinggi menara 312.27 meter pada tahun 1889, sekarang 324 meter dengan antena. Saat ini, berbagai perusahaan televisi Perancis memasang antena mereka di puncak Menara Eiffel.

Dimiliki oleh Pemerintah Daerah Paris dan dikelola oleh perusahaan swasta, "Société Nouvelle de l'Exploitation de la Tour Eiffel", kerangka besi ini direnovasi setiap 7 tahun sekali, dan dicat dengan 50 ton cat. Renovasinya digarap olah pekerja yang manguasai olah raga akrobatis.

Menara Eiffel diterangi 352 projektor 1.000 watts, dan berkedip setiap setengah jam pada malam hari dengan 20.000 bola lampu dan 800 lampu disko. Supaya menara kelihatan lebih hidup, 4 lampu laser xenon berkekuatan 6.000 watts berputar secara permanen di puncak menara.

Jumlah tangga Menara Eiffel ada 1.665 tangga, dan ada 2 buah lift yang naik ke tingkat dua, tempat bisa ditemukan berbagai toko suvenir.

Baca juga: Yerusalem, Kota Tua yang Diperebutkan Sejak Ribuan Tahun

Related

Traveling 8395202656126601113

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item