Awal Tahun 2019 Akan Terjadi Gerhana Bulan Darah Serigala

Awal Tahun 2019 Akan Terjadi Gerhana Bulan Darah Serigala

Naviri Magazine - Mendengar istilah “gerhana bulan” mungkin sudah biasa, karena selama ini memang sudah terjadi berkali-kali gerhana bulan. Tapi bagaimana dengan “gerhana bulan darah serigala”? Pernah mendengar istilah itu?

Gerhana bulan total yang istimewa akan terjadi pada tanggal 20 dan 21 Januari 2019. Gerhana kali ini disebut super blood wolf moon, atau gerhana bulan darah serigala. Sayang, ia tidak terlihat dari Indonesia.

Gerhana bulan darah serigala akan terlihat di langit Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, dan Afrika. Badan antariksa Amerika Serikat, NASA, menyatakan gerhana bulan ini akan berlangsung sekitar satu jam.

Julukan untuk gerhana bulan total kali ini memang terdengar unik, karena ada istilah "darah serigala." Bagaimana fenomena ini bisa sampai dijuluki gerhana bulan darah serigala?

Begini ceritanya...

Gerhana bulan total adalah peristiwa ketika Matahari, Bumi, dan Bulan, berada pada satu garis lurus, sehingga sinar Matahari tidak bisa sampai ke Bulan akibat terhalang oleh Bumi. Saat Bulan melakukan perjalanan melalui bayangan Bumi, Bulan akan tampak memiliki warna oranye, itulah sebabnya ia disebut 'blood moon' atau 'bulan berdarah'.

Kemudian, karena gerhana kali ini hanya dapat terjadi selama bulan purnama, dan saat bulan purnama pertama di bulan Januari, maka fenomena ini disebut sebagai 'wolf moon' atau 'bulan serigala'.

Itu tadi asal-muasal adanya kata blood dan wolf dalam fenomena ini. Kita mungkin bertanya, bagaimana dengan asal kata ‘super’-nya?

Begini. Gerhana bulan ini terjadi ketika bulan mencapai bagian orbitnya yang paling dekat dengan Bumi, yang juga dikenal sebagai perigee. Di saat itu, Bulan akan tampak lebih besar jika dilihat dari Bumi, dan publik memberi istilah 'super moon' atau 'bulan super' untuk kejadian macam ini.

Oleh karena ada rangkaian fenomena, dan jika julukan-julukan itu digabung, maka akan membentuk kata: 'super blood wolf moon'.

NASA mengatakan, tempat terbaik untuk menyaksikan gerhana bulan darah serigala ada di Louisiana, Amerika Serikat. Di sana gerhana akan mencapai totalitas, atau titik di mana ia terlihat benar-benar berwarna oranye. Diperkirakan, itu akan terjadi pada 22:41 hingga 23:43 waktu setempat, pada Minggu, 20 Januari 2019.

Silakan catat di kalender jika kamu berencana untuk pergi ke Amerika Serikat atau Eropa di tanggal tersebut.

Baca juga: Zaman Logam, Saat Manusia Pertama Kali Menemukan Emas

Related

Science 8159800384037214844
item