Misteri Ayam yang Menghasilkan Telur-telur Monster

Misteri Ayam yang Menghasilkan Telur-telur Monster

Naviri Magazine - Kita pasti pernah melihat telur ayam, baik yang masih mentah maupun yang sudah matang. Telur ayam rata-rata berbentuk elips, dan umumnya seukuran kepalan tangan. Namun, ada ayam yang menghasilkan telur berbeda. Ukurannya tidak lagi sekepalan tangan, tapi jauh lebih besar. Karena telur berukuran raksasa itu pula, telur itu dijuluki telur monster.

Ayam yang menghasilkan telur monster itu pun tenar di internet. Pasalnya, ayam milik Ellie McGrath yang dinamai Belinda ini menelurkan sebutir telur raksasa, yang sekilas mirip telur dinosaurus.

Takjub melihat telur raksasa itu, McGrath kemudian mengunggah foto telur tersebut di Reddit. Fotonya mendapat lebih dari 30 ribu respons positif, dan juga ribuan komentar dari para pengguna situs tersebut.

"Jadi, ayam saya baru saja menelurkan telur raksasa yang aneh ini," tulis McGrath di fotonya.

Berdasarkan laporan dari Science Alert, Belinda merupakan ayam berusia satu tahun hasil persilangan ras Australorp dengan Rhode Island Red. McGrath mengatakan, tampaknya proses menelurkan telur monster ini cukup menyakitkan bagi Belinda.

"Dia tidak berhenti berkotek dan mengepak-kepakkan sayapnya selama beberapa menit," kata McGrath kepada Inverse. "Saya benar-benar tidak tahu apa yang terjadi, sampai saya melihat telur itu."

Memang telur raksasa ini akan terlihat aneh bagi mereka yang biasa membeli telur-telur normal dari supermarket atau warung-warung. Namun, bagi mereka yang memelihara ayam, telur dengan bentuk abnormal cukup biasa ditemukan.

Jadi, apa yang terjadi pada telur yang dihasilkan Belinda?

Biasanya, ketika sebutir telur dengan ukuran besar dan panjang dihasilkan, telur itu akan memiliki dua kuning telur. Namun McGrath menuliskan bahwa ketika telurnya dipecahkan, telur itu seperti layaknya telur biasa, namun memiliki satu kuning yang sangat besar.

Diduga bahwa kuning telur yang sangat besar itu mendorong produksi cangkang telur yang lebih besar di oviduk atau saluran telurnya.

Dilaporkan oleh Inverse, dalam waktu kurang dari seminggu, Belinda si ayam kembali mengeluarkan telur dengan ukuran serupa.

Kehadiran dua telur ini menunjukkan adanya pola yang mungkin mengindikasikan adanya suatu hal yang salah pada anatomi si ayam. Namun demikian, dijelaskan bahwa bukan hal aneh bagi ayam yang masih muda dan yang terlalu tua untuk menghasilkan telur-telur dengan bentuk aneh.

Bagi ayam betina di bawah satu tahun, kemunculan telur dengan bentuk aneh menunjukkan bahwa sistem reproduksi mereka masih "pemanasan". Sementara bagi yang sudah tua, hal tersebut menunjukkan bahwa oviduk mereka mulai kehilangan kemampuannya karena faktor usia.

Selain itu, Inverse juga melaporkan bahwa banyak pemilik ayam dengan ras Rhode Island Red juga mengalami hal serupa, yaitu ayam mereka menelurkan telur-telur yang panjang.

Baca juga: Pura-pura Jadi Pocong, Tertangkap, Lalu Dihukum Tidur di Kuburan

Related

World's Fact 700599462510603883
item