Barang-Barang yang Sebaiknya Tidak Dibeli Secara Online

Barang-Barang yang Sebaiknya Tidak Dibeli Secara Online

Naviri Magazine - Apa saja tersedia di toko online atau marketplace. Dari barang-barang yang dibutuhkan setiap hari, semisal makanan, minuman, sampai peralatan mandi, hingga berbagai furniture, gadget, kebutuhan rumah tangga, dan lain-lain. Bisa dibilang, semua ada di toko online dan marketplace. Kita tinggal mengetikkan nama barang di mesin pencarian mereka, dan barang yang diinginkan pun ketemu.

Meski begitu, ada beberapa barang yang sebaiknya tidak dibeli secara online, karena alasan-alasan tertentu. Berikut ini adalah beberapa barang yang banyak tersedia secara online, namun sebaiknya perlu kehati-hatian saat membelinya. Akan lebih baik jika Anda membeli barang-barang berikut ini ke tokonya langsung, bukan secara online.

Gadget

Membeli gadget butuh berbagai proses pengecekan yang tentu harus dilalui dengan langsung bertatap fisik. Hal pertama yang pasti Anda lakukan adalah mengecek baterai, kemampuan kamera, mengetes suara ketika menelepon, sampai fitur-fitur canggih lain.

Kemudian, Anda juga perlu mengenal modus penipuan dalam jual-beli gadget online. Biasanya, barang yang mereka post memang original dan dibanderol harga lebih murah dari pasaran. Namun, yang dikirim ternyata barang palsu atau refurbished.

Furnitur

Barang selanjutnya adalah furnitur. Sebagai barang yang akan melengkapi kenyamanan rumah Anda, furnitur tentu bukan sesuatu yang bisa dianggap enteng.

Membeli kursi, lemari, atau meja makan secara online justru hanya akan meresahkan Anda. Semisal dari segi kualitas, apakah kayunya benar-benar terbuat dari jati asli yang tidak mudah rapuh?

Anda tentu tidak mungkin hanya menanyakannya tanpa langsung mengecek ke toko. Selain itu, Anda pun harus mengukur masing-masing lebar furnitur, karena berkaitan dengan tata letaknya di dalam rumah nanti.

Elektronik rumah tangga

Harga barang elektronik rumah tangga yang mahal, sebaiknya juga langsung Anda beli di toko saja, karena akan lebih mudah menguji spesifikasinya. Anda pasti tidak mau apabila telah membayar mahal, namun barang yang diterima tidak sesuai dengan yang ditawarkan, terdapat masalah saat menggunakan alat yang dibeli.

Mulai dari barang tidak bisa jalan hingga spesifikasi yang ditawarkan, tidak sama dengan yang Anda terima. Sekalipun diklaim garansi, tapi prosedurnya cukup merepotkan. Anda harus menghubungi seller, mengajukan komplain, hingga mengurus garansi bolak-balik.

Bahan makanan

Anda juga tidak disarankan membeli bahan makanan secara online. Daging atau ikan tentunya akan lebih baik dibeli langsung dari pasar. Begitupun buah dan sayur-sayuran yang mudah busuk. Lain hal kalau Anda membelinya lewat toko online.

Meski sudah memilih kurir pengantaran same day, tetap saja butuh beberapa jam di perjalanan hingga tiba ke tempat tujuan. Begitu sampai, bisa jadi kualitas bahan makanan tersebut tidak seunggul sebelumnya karena masalah suhu.

Kasur

Kenyamanan merupakan sesuatu yang harus Anda cari dari produk satu ini. Untuk memastikan kenyamanan kasur, tentu saja cara yang paling efektif adalah membelinya langsung di toko.

Anda bisa menjajal keempukan kasur, serta mengukur lebih teliti berapa panjang dan lebar ukurannya. Sebagai info, kasur yang ideal umumnya mampu bertahan hingga tujuh tahun. Jadi, hindari belanja kasur secara online, kecuali Anda sudah menguji merek tertentu.

Hewan peliharaan

Sekarang, hewan peliharaan juga bisa dibeli secara online. Tapi pastinya, hal tersebut amat tidak direkomendasikan.

Kerugian yang dapat terjadi tak jauh berbeda dengan membeli gadget online. Bisa saja foto yang ditampilkan pada lapak penjual adalah kucing ras sehat nan lucu. Tetapi kalau yang dikirim nanti ternyata kucing tak terawat, bagaimana?

Kecuali pihak yang menjual teman dekat Anda, mungkin akan lebih aman. Meski begitu perlu diingat, praktik jual-beli hewan peliharaan dengan cara ini tergolong melanggar undang-undang. Jadi sebisa mungkin, lebih baik dihindari.

Bunga

Beberapa bunga yang dijual online mungkin lebih banyak variannya. Mawar dengan warna-warni ala unicorn pun ada.

Sering kali bunga tersebut juga dikreasikan dalam bouquet berhiaskan pita yang cantik. Bunga adalah barang yang cepat layu, jika harus melalui proses pengiriman yang terlalu lama.

Jika Anda sangat membutuhkan bunga segar dengan cepat, akan lebih baik membelinya langsung di toko bunga terdekat dari rumah.

Baca juga: Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

Related

Tips 277326574407587027
item