BI Menyediakan Rp101 Triliun Tunai untuk Natal dan Tahun Baru

BI Menyediakan Rp101 Triliun Tunai untuk Natal dan Tahun Baru

Naviri Magazine - Setiap kali ada hari besar, semisal hari raya atau atau tahun baru, kebutuhan uang tunai akan meningkat, karena masyarakat akan membeli banyak barang dan lain-lain. Itu sudah lumrah terjadi, khususnya di Indonesia. Karenanya, setiap kali akan datang hari besar, Bank Indonesia pun mempersiapkan uang tunai untuk kebutuhan masyarakat.

Bank Indonesia memastikan sudah terpenuhinya seluruh kebutuhan uang tunai masyarakat saat momentum libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengatakan, berdasarkan pemantauan bank sentral di pusat maupun di 46 kantor perwakilan BI yang tersebar di seluruh Indonesia, penarikan uang tunai yang dilakukan masyarakat hingga Jumat 28/12/2018 mencapai sekitar Rp90 triliun.

"Seperti kami sampaikan, perkiraan kebutuhannya itu sekitar Rp101,1 triliun, dan kemarin itu sudah sekitar Rp85 triliun. Mungkin kalau ditambah hari kemarin dan hari ini sudah lebih dari Rp90-an triliun," ujar Perry.

BI menyiapkan Rp101,1 triliun sepanjang Desember 2018 untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan penarikan uang tunai masyarakat pada liburan Natal dan Tahun Baru.

Jumlah uang tunai tersebut meningkat 10,3 persen dibandingkan periode yang sama di 2017 sebesar Rp93,7 triliun.

Uang tunai yang disiapkan oleh BI didominasi oleh uang kertas pecahan nominal besar, yaitu 98 persen pecahan Rp20.000 ke atas, dan sisanya uang kertas pecahan kecil.

Alokasi terbanyak ke Pulau Jawa, di luar kantor pusat BI dan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi.

Bank sentral mengimbau masyarakat mengutamakan transaksi secara nontunai, walaupun cash dijamin ketersediaannya. Uang elektronik, debet, kredit maupun alat pembayaran nontunai, ujar Perry, lebih aman, lebih nyaman, lebih cepat.

Bank Indonesia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap hati-hati dan waspada terhadap tindak pemalsuan uang kertas.

Baca juga: Resolusi Keuangan yang Perlu Diperhatikan di Akhir Tahun

Related

News 1169891455599900023
item