Bombardier Beetle, Kumbang yang Mampu Menciptakan Bom

Bombardier Beetle, Kumbang yang Mampu Menciptakan Bom

Naviri Magazine - Kumbang tidak dapat terbang dengan cepat seperti serangga lainnya. Karena itu, mereka pun membutuhkan sarana pertahanan diri yang cukup ketika melawan musuh.

Dalam hal itu, kumbang pengebom (Bombardier beetle) memiliki senjata yang sangat unik, salah satunya adalah lapisan mirip baja yang dapat melindungi tubuhnya dari kemungkinan serangan.

Namun, jika mekanisme pertahanan diri itu tidak membuat calon pemangsanya mundur, kumbang pengebom akan mengeluarkan senjatanya yang berbahaya, yaitu semprotan cairan panas mendidih yang biasanya akan membuat para predator kabur.

Di dalam perut kumbang pengebom ada dua ruangan yang dipenuhi bahan kimia untuk tujuan itu. Ketika bahan kimia dalam dua ruangan itu digabungkan, hasilnya adalah cairan asam yang suhunya mencapai 212 derajat Fahrenheit (100 derajat Celsius).

Cairan itulah yang disemprotkannya melalui dinding perut, ketika berhadapan dengan predator. Jika semprotan itu tetap belum cukup, kumbang pengebom juga akan membuat suara mirip tembakan untuk menakut-nakuti musuhnya.

Baca juga: Horned Lizard, Kadal dengan Kemampuan Paling Mengerikan

Related

Science 4256708106832909088

Recent

item