Begini Cara Mengemudi Mobil Matik Agar Irit BBM

Begini Cara Mengemudi Mobil Matik Agar Irit BBM

Naviri Magazine - Punya mobil adalah satu hal. Namun, memperhitungkan pengeluaran untuk BBM adalah hal lain. Pasalnya, mobil membutuhkan BBM sebagai bahan bakar. Tanpa BBM, mobil tidak mau jalan. Jika mobil sering digunakan, atau dikendarai dengan cara tidak benar, BBM pun menjadi boros, dan itu artinya pengeluaran kita jadi bertambah.

Pertanyaannya, bagaimana agar konsumsi BBM mobil lebih irit?

PT Honda Prospect Motor (HPM) getol menggelar Mobilio Battle Efficieny dengan mengajak komunitas untuk menguji efisiensi bahan bakar low multi purpose vehicle (LMPV).

Dilal, anggota Komunitas Mobilio Indonesia (MOI) chapter Banten, berhasil menjadi yang teririt di kontes hemat BBM tersebut. Dia berhasil mencatatkan angka konsumsi di layar MID sebesar 22,7 km/liter.

Dia pun menjelaskan ada beberapa trik yang ia terapkan selama perjalanan dari Sunter, Jakarta Utara, menuju kawasan Sentul, Bogor, dengan jarak 61 kilometer.

"Saya menjaga rpm di rentang 1.500 dengan kecepatan disesuaikan dengan kondisi jalan, yakni maksimum 80 km/jam," kata dia.

Berbeda dengan seri-seri sebelumnya yang nyaris tanpa hambatan, peserta Mobilio Battle Efficieny kali ini harus menghadapi kemacetan di pintu keluar Sentul Selatan.
"Kena macet setengah jam lebih. Tipsnya, ketika macet, yang pindahin gigi ke netral. Begitu maju, baru masuk ke drive lagi," paparnya.

Tanpa AC

Namun, sayangnya, pencapaian 22,7 km/liter ini tak lepas dari tidak diaktifkannya pendingin udara selama perjalanan. "Kalau mau irit berkorban dikit, gerah-gerahan," ucap pria berusia 25 tahun itu seraya tertawa.

Sementara itu, Direktur Pemasaran dan Purna Jual PT HPM, Jonfis Fandy, menurutkan gelaran ini memang sengaja dilakukan untuk mengajak konsumen dan calon konsumen membuktikan langsung efisiensi bahan bakar Mobilio.

"Ajang ini juga bertujuan mengedukasi konsumen mengenai cara berkendara yang hemat bahan bakar,” katanya.

Baca juga: Ngeri, Ini 5 Tsunami Terbesar yang Pernah Terjadi di Dunia

Related

Automotive 6652248519141925189

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item