Cara Menghasilkan Banyak Uang dengan Saham Dividen

 Cara Menghasilkan Banyak Uang dengan Saham Dividen

Naviri Magazine - Saham dividen membayarkan sebagian keuntungan perusahaan kepada para pemegang saham. Dividen dibayarkan secara rutin, sehingga menghasilkan aliran pendapatan yang rutin.

Investor yang banyak berinventasi dalam jenis saham ini dikenal sebagai “income investor”, karena mereka memprioritaskan dividen rutin daripada pertumbuhan nilai saham.

Dividen tidak selalu menurunkan risiko terkait investasi dalam pasar saham.
Sebelum memilih strategi ini, perhatikan bahwa dividen dianggap seperti pendapatan, dan bukan keuntungan modal. Artinya, pajak yang Anda bayar atas dividen lebih tinggi dari pajak yang Anda bayar untuk jenis investasi pasar lainnya.

Pilihlah saham dengan dividen tinggi. Biasanya, perusahaan yang membayarkan dividen tertinggi adalah perusahaan yang lebih lama dan ternama. Perusahaan-perusahaan ini tidak perlu lagi menginvestasikan ulang pendapatan mereka untuk mengembangkan perusahaan.

Jadi, mereka bebas mengalokasikan uang ke investor dalam bentuk dividen. Perusahaan telekomunikasi, dana investasi real estate (Real Estate Investments Trusts/REIT), dan perusahaan utilitas, terkenal dengan pembayaran dividennya yang tinggi.

Selalu periksa performa harga dan stabilitas fundamental saham perusahaan sebelum berinvestasi pada perusahaan. Pembayaran dividen yang tinggi adalah hal yang baik, tetapi hal ini hanya berlaku jika perusahaan yang membayarnya dapat terus bertahan.

Dengan kata lain, carilah perusahaan yang sudah sangat lama berdiri dan ternama, yang sudah membayarkan dividen dengan nilai yang sama atau meningkat untuk waktu yang lama.

Hitunglah imbal hasil dividen (dividend yield). Imbal hasil dividen dapat membantu menghitung imbalan yang Anda terima dari saham dividen. Nilai ini dihitung dengan membagi pembayaran dividen tahunan per saham dengan harga per saham.

Jadi, saham seharga Rp650.000,00 dan menghasilkan dividen Rp39.000,00 setiap tahunnya memiliki imbal hasil 39.000/650.000 atau 6 persen. Ini adalah imbal hasil dividen yang baik. karena rata-rata perusahaan di S&P 500 membayarkan 2-3 persen.

Investasikan ulang pendapatan Anda 

Anda dapat mengembangkan investasi dengan menginvestasikan dividen. Artinya, saat Anda menerima pembayaran dividen, Anda tidak menyimpan uangnya, melainkan menggunakannya untuk membeli lebih banyak saham dalam perusahaan.

Pertimbangkan untuk melakukan hal ini setiap kali Anda menerima dividen, hingga Anda harus bertahan hidup menggunakan penghasilan pasif (mungkin saat pensiun). Ekuitas dan pembayaran dividen Anda akan terus meningkat selama periode waktu ini.

Baca juga: Ingin Tambah Penghasilan? Ini Lima Cara yang Bisa Dicoba

Related

Money 6371733679859948036

Recent

item